OnePlus Tak Sengaja Bocorkan Ratusan Alamat E-mail Penggunanya

Kompas.com - 29/07/2020, 15:03 WIB
Ilustrasi OnePlus 7 Pro UbergizmoIlustrasi OnePlus 7 Pro
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pabrikan ponsel asal China, OnePlus dilaporkan telah mengekspos ratusan alamat e-mail penggunanya secara tidak sengaja.

Insiden kebocoran data ini terjadi ketika OnePlus berniat ingin mengirimkan e-mail yang berisi studi penelitian perusahaan secara massal.

Studi penelitian yang dimaksud merupakan lampiran untuk mengisi survei pengalaman pengguna setelah melakukan pembaruan sistem operasi 10.5.11.

Baca juga: Spesifikasi OnePlus Nord, Mirip OnePlus 8 Harga Lebih Murah

Kebocoran ini mengekspos sekitar 270 alamat email pengguna OnePlus. Perusahaan menduga bahwa pihaknya lupa menggunakan opsi BCC untuk menyembunyikan alamat email pengguna ketika mengirimkan email ke banyak orang sekaligus.

Ratusan alamat email pengguna ponsel OnePlus bocorandroidpolice.com Ratusan alamat email pengguna ponsel OnePlus bocor
Alhasil, ratusan email penggunanya pun beredar dan dipublikasi melalui e-mail yang dikirimkan oleh perusahaan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cnet, Rabu (29/7/2020).

Baca juga: Kamera OnePlus 8 Pro Ternyata Bisa Melihat Tembus Pandang

Meski hanya alamat e-mail yang terekspos, informasi dari pribadi pengguna bisa saja disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kasus kebocoran data pengguna OnePlus bukan pertama kali ini terjadi.

Sebelumnya, pada tahun 2019 lalu, OnePlus juga tersandung masalah keamanan yang menyangkut kebocoran data pengguna dan berpotensi dapat diambil alih oleh peretas.

Data pribadi pengguna yang bocor mencakup informasi seperti nama, nomor telepon, email, dan alamat pengiriman dari pesanan pelanggan yang tercantum di situs resmi pembelian OnePlus.

 



Sumber CNET
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X