Pandemi Covid-19 Dongkrak Pasar Tablet Dunia

Kompas.com - 05/08/2020, 19:28 WIB
Samsung Galaxy Tab S6 androidpit.comSamsung Galaxy Tab S6

KOMPAS.com - Jumlah pengiriman perangkat tablet secara global mengalami peningkatan di kuartal kedua (Q2) 2020 ini. Menurut firma riset pasar IDC, peningkatan tersebut disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Pandemi yang masih belum usai membuat banyak negara menerapkan kebijakan bekerja dan belajar dari rumah. Hal itulah yang memicu pertumbuhan jumlah pengiriman tablet selama periode April hingga Juni lalu.

Laporan IDC menunjukkan total pengiriman perangkat tablet dunia meningkat hingga 18,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Apple masih menjadi vendor yang mendominasi pasar tablet dunia dengan pangsa pasar 32,3 persen dan total pengiriman perangkat sebanyak 12,4 juta unit selama tiga bulan terakhir.

Pencapaian tersebut diperoleh berkat penjualan perangkat iPad 10,2 inci.

Meski menduduki posisi teratas di pasar tablet dunia, Apple merupakan vendor yang mengalami pertumbuhan paling kecil di antara empat vendor lainnya yaitu Samsung, Huawei, Amazon, dan Lenovo.

Baca juga: Bisakah Tablet Menggantikan Laptop untuk Bekerja dari Rumah?

Keempat merek tersebut tercatat mengalami peningkatan mencapai lebih dari 40 persen dari periode yang sama di 2019. Sementara pertumbuhan Apple hanya 1,3 persen.

Huawei dan Lenovo menjadi dua vendor yang pertumbuhannya paling signifikan. Bahkan, pertumbuhan Lenovo mencapai lebih dari 50 persen.

Total pengiriman perangkat tablet dunia kuartal II-2020thenextweb.com Total pengiriman perangkat tablet dunia kuartal II-2020
Jika dilihat dari diagram di atas, Samsung berada di posisi kedua dengan pertumbuhan jumlah pengapalan tablet hingga 42,5 persen dengan total pengiriman 7 juta unit pada Q2 2020.

Tidak disebutkan perangkat mana yang menjadi penyumbang terbesar bagi Samsung. Namun, pada kuartal kedua lalu, Samsung merilis Galaxy Tab S6 Lite yang menjadi tablet versi murah Galaxy Tab S6.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X