Galaxy Note 20 Series Bisa Jalankan Aplikasi Android di PC

Kompas.com - 08/08/2020, 19:10 WIB
Galaxy Note 20. SamsungGalaxy Note 20.

KOMPAS.com - Kolaborasi antara Microsoft dan Samsung masih berlanjut. Pengguna Galaxy Note 20 series nantinya akan bisa menjalankan aplikasi Android yang ada di ponsel melalui komputer berbasis Windows 10. 

Kemampuan ini bisa digunakan melalui fitur Link to Windows yang ada pada ponsel Galaxy Note 20 series dan aplikasi Your Phone di Windows 10. 

Your Phone merupakan sebuah aplikasi di Windows 10 yang dapat membuat penggunanya bisa mengoperasikan aplikasi Android melalui perangkat PC.

Aplikasi ini memanfaatkan teknik mirroring, sehingga, pengguna dapat menyulap PC mereka menjadi layaknya ponsel Android.

Baca juga: Stylus S Pen di Galaxy Note 20 Series Makin Canggih, Seperti Apa?

Aplikasi Your Phone yang sudah terpasang pada perangkat PC pengguna, nantinya dapat digunakan untuk mengakses dan menjalankan hampir seluruh aplikasi yang terdapat pada Galaxy Note 20 series.

Kemampuan mirroring tersebut memudahkan para pengguna, khususnya bagi para pemilik Galaxy Note 20 Series yang sering berkutat di depan PC.

Tampilan aplikasi Your Phone pada Windows 10SamMobile Tampilan aplikasi Your Phone pada Windows 10

Selain menggunakan aplikasi Your Phone, pengguna juga perlu mengintegrasikan sistem pada ponsel dengan mengaktifkan Link to Windows.

Nantinya pengguna dapat menemukan opsi ini pada menu bar di perangkat Galaxy Note 20 series mereka.

Link to Windows sendiri sejatinya sudah lebih dulu hadir di Galaxy Note 10 series yang dirilis tahun lalu. Bedanya, di Galaxy Note 10 series, kemampuannya hanya sebatas untuk transfer file dan menampilkan notifikasi.

Baca juga: Kamera Galaxy Note 20 Ultra Punya Laser AF, Apa Fungsinya?

Sayangnya untuk saat ini, pengguna masih belum bisa melakukan multi-tasking dan membuka beberapa aplikasi Android secara bersamaan melalui perangkat komputer. 

Pengguna masih terbatas hanya dapat membuka satu aplikasi dalam satu waktu saja, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamMobile, Sabtu (8/8/2020).

Misalnya, ketika pengguna membuka aplikasi Samsung Members, maka pengguna tidak dapat membuka aplikasi lain sebelum aplikasi Samsung Members ditutup.

Tampilan menu bar pada ponsel Android yang menunjukan opsi Link to WindowsSamMobile Tampilan menu bar pada ponsel Android yang menunjukan opsi Link to Windows
Kendati demikian, Microsoft berjanji akan terus menyempurnakan fitur ini hingga akhir tahun 2020 mendatang. Salah satunya adalah kemampuan multi-tasking dengan membuka sejumlah aplikasi sekaligus. 

Sayangnya, aplikasi ini baru kompatibel di beberapa ponsel Android saja, khususnya pada seri Galaxy tertentu.



Sumber SamMobile
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X