Facebook dan Instagram Kampanye #NyamandiSosmed Bareng "Si Nopal"

Kompas.com - 12/08/2020, 16:23 WIB
Ilustrasi ForbesIlustrasi

KOMPAS.com - Facebook kembali mengajak penggunanya untuk lebih waspada dalam berinteraksi di dunia maya. Dalam sebulan ke depan, perusahaan jejaring sosial raksasa ini menggelar kampanye bertajuk #NyamandiSosmed.

Ini bukan pertama kalinya Facebook mengadakan acara kampanye untuk membantu pengguna bermedia sosial. Tahun lalu, kampanye serupa juga diadakan untuk mengajak pengguna menjaga privasinya di media sosial.

Namun, ada yang berbeda tahun ini. Facebook menggandeng kreator Naufal Faridurrazak yang membuat Anima " Si Nopal". Berbagai tips dan trik menggunakan media sosial dengan aman akan divisualkan melalui karakter kartun Nopal, Abah Enol, Bunda, dan Cuty.

Baca juga: Apple, Facebook, dan TikTok Dikenai PPN 10 Persen Mulai 1 September

"Selama masa PSBB transisi, orang banyak di rumah dan banyak orang mencerna tipe konten seperti ini (animasi) semakin banyak," jelas Karissa Sjawaldy, Public Policy untuk Facebook di Indonesia, dalam konferensi pers online melalui Zoom, Rabu (12/8/2020).

"Kita pengin kampanye kita lebih dekat dengan hal-hal yang dilakukan banyak orang selama di rumah," imbuh wanita yang akrab disapa Ica tersebut.

Naufal mengatakan, nantinya ada empat episode yang akan tayang di halaman Facebook dan Instagram "Si Nopal" serta halaman Facebook Indonesia. Salah satu episode yang ditayangkan dalam acara konferensi itu menceritakan tokoh Abah Enol yang tertipu berita hoaks.

Kemudian, karakter Nopal membantu Abah tentang bagaimana cara melaporkan hoaks di Facebook.

Baca juga: Hoaks atau Bukan? Begini Cara Mencari Asal Foto di Internet

Tangkapan layar konferensi pers online Facebook dan kreator SI Nopal, Naufal Faridurrazak dalam peluncuran video animasi edukasi #NyamandiSosmed.Facebook Indonesia Tangkapan layar konferensi pers online Facebook dan kreator SI Nopal, Naufal Faridurrazak dalam peluncuran video animasi edukasi #NyamandiSosmed.

"Melalui kolaborasi dengan Facebook dan Instagram, Anima Si Nopal ingin berpesan kepada masyarakat untuk lebih cermat dan bijak saat menggunakan media sosial, sehingga dapat menyebarkan konten yang positif dan bermanfaat," jelas Naufal pada acara yang sama.

Baca juga: Hoaks Kartun SpongeBob Tamat Viral di Twitter

Selain Si Nopal, Facebook juga berkolaborasi dengan Nur Alif Ramadhan, kreator di balik akun animasi Dalang Pelo.

Karakter dalam animasi ini, Acil dan Leri, akan membagikan tips dan trik mengenali akun bisnis penipu di Instagram dan Facebook melalui video animasi.

Ica menjelaskan, Facebook juga mengeksplorasi cara lain untuk mengedukasi pengguna dalam menggunakan media sosial.

Selain lewat video animasi dengan Si Nopal, Facebook juga mengandeng Box2Box ID untuk menampilkan edukasi via podcast.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X