Aplikasi Bank Mandiri Online Dilaporkan Bermasalah di OS Android 11

Kompas.com - 11/09/2020, 11:37 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. (Rafapress/SHUTTERSTOCK) Ilustrasi Bank Mandiri.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pekan ini, pembaruan (update) sistem operasi (OS) Android 11 mulai disalurkan ke segelintir model smartphone secara global.

Namun, pembaruan tersebut belakangan dilaporkan membuat salah satu aplikasi mobile banking di Indonesia, yakni Mandiri Online, tidak bisa dipakai sebagaimana mestinya, seperti untuk transfer dana.

Baca juga: Daftar Ponsel yang Kebagian Android 11 Mulai Hari Ini

Masalah semacam ini dikeluhkan oleh sejumlah pengguna Mandiri Online di Twitter, salah satunya adalah pengguna bernama Ahmad Zakaria (@za_ka).

Ia mengaku bahwa aplikasi Mandiri Online yang terpasang di smartphone bersistem operasi Android 11 miliknya mengalamia error. Penyebabnya diduga karena aplikasi belum kompatibel dengan OS tersebut.

Ketika ia mencoba login, aplikasi tersebut malah mengatakan bahwa kata sandi (password) yang dimasukkan salah. Ia juga mengaku tidak bisa menggunakan fitur "Forgot Password" di aplikasi itu.

Senasib dengan Ahmad, pengguna lainnya bernama Bogi Wibowo (@fauziw97) mengatakan bahwa ponsel Android 11 miliknya dianggap perangkat baru. Ia tidak bisa mengakses aplikasi Mandiri Online karena kata sandi yang biasa ia masukkan disebut salah.

Hal yang sama juga dirasakan oleh pengguna lainnya bernama Wawid Sari (@voshanmama). Ia mengaku bahwa aplikasi tersebut sebelumnya berfungsi sebagaimana mestinya ketika ponselnya masih menjalankan OS Android 10.

Baca juga: Inilah 15 Fitur Baru yang Hadir di Android 11

Ketika diperbarui ke Android 11 baru-baru ini, Wawid mengatakan bahwa aplikasi Mandiri Online mengalami error dan tidak bisa dipakai.

Sedang "pemeliharaan sistem"

Belum diketahui apa akar dari masalah ini. Pihak Bank Mandiri belum merespon pertanyaan KompasTekno terkait keluhan sejumlah pengguna Mandiri Online dan sistem operasi Android 11 tersebut.

Baca juga: Android 11 Go Meluncur, Dongkrak Performa Ponsel Pas-pasan

Membalas sejumlah keluhan pengguna tadi, akun Twitter resmi Bank Mandiri hanya mengatakan bahwa sedang dilakukan "pemeliharaan sistem" untuk perangkat dengan OS android 11.

Akun dengan username @bankmandiri ini lantas menyarankan pengguna agar melakukan proses transaksi dengan metode lain, seperti lewat Mandiri SMS atau mesin ATM.

Update: Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan pengembangan layanan Mandiri Online agar bisa digunakan di OS Android 11. Rencananya pembaruan akan dirilis dalam waktu dekat. 

Sebagai alternatif untuk bertransaksi, nasabah dapat menggunakan layanan USSD Banking (*141*6#), SMS Ketik, atau mandiri ATM.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X