Inikah Apple Watch Versi "Murah" yang Akan Segera Meluncur?

Kompas.com - 15/09/2020, 19:19 WIB
Apple Watch 9to5googleApple Watch

KOMPAS.com - Melalui acara bertajuk Time Flies yang akan diselenggarakan pada Rabu (16/9/2020) 00.00 WIB dini hari nanti, Apple disebut akan memperkenalkan sejumlah produk baru.

Konon Apple akan memamerkan deretan perangkat anyar, mulai dari Apple Watch Series 6, iPod Air 4 dan satu buah aksesoris terbaru, yakni Air Tags.

Selain ketiga produk di atas, beberapa rumor menyebut bahwa Apple masih akan membawa produk baru lain yang kini masih dirahasiakan statusnya, salah satunya adalah lini arloji pintar bernama Apple Watch SE.

Baca juga: 3 Produk Baru Apple yang Diprediksi Hadir 15 September

Seperti juga iPhone SE, Apple Watch SE diduga merupakan versi "murah" dari Apple Watch reguler. Rumor keberadaan perangkat ini diperkuat  oleh pernyataan pembocor gadget kenamaan Jon Prosser.

Jon dikenal sering membagikan kabar terbaru seputar gadget. Tak jarang prediksinya terbukti akurat. Melalui akun Twitter pribadinya, Jon mengunggah spesifikasi Apple Watch versi murah tersebut.

Meski demikian, perangkat arloji pintar itu terdaftar dalam nama Apple Watch dan Apple Watch, sehingga Jon sekalipun masih belum dapat menentukan nama perangkat tersebut dengan pasti. Nama "Apple Watch SE" baru sebatas dugaan.

Jon menyebut bahwa Apple Watch SE akan hadir dalam empat model dengan dua ukuran berbeda, masing-masing 42 mm dan 44 mm.

Berbeda dengan Apple Watch kebanyakan yang mengusung bodi berbahan stainless steel hingga keramik, arloji pintar versi murah itu akan memiliki desain berbahan plastik. Apple tampaknya sengaja mengganti jenis material tersebut demi memangkas biaya produksi.

Lebih lanjut, perusahaan yang berpusat di Cupertino, AS, itu diduga juga akan menghilangkan sejumlah fitur di Apple Watch SE, misalnnya fitur always-on display dan fitur electrocardiogram (ECG) bakal absen di perangkat ini.

Baca juga: WatchOS 7 Dirilis, Apple Watch Lawas Tak Kebagian

Padahal, fitur ECG sendiri dinilai sangat berguna karena mampu memantau denyut nadi pengguna. Sementara dari segi dapur pacu, Apple Watch SE akan dibekali dengan chip M9.

Dilihat dari perangkat lunaknya, Apple Watch SE disinyalir akan turut mendukung fitur "kids mode" sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Insider, Selasa (15/9/2020).

Alhasil, muncul pula dugaan bahwa Apple Watch SE bisa jadi merupakan perangkat wearable yang ditujukan untuk segmen untuk anak-anak.

Informasi di atas tentu masih sebatas rumor. Kepastian mengenai ada atau tidaknya Apple Watch SE akan segera diketahui dini hari esok.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X