Cara Bikin Receiptify, Daftar Lagu yang Menyerupai Setruk Belanja

Kompas.com - 23/09/2020, 15:08 WIB
Cara membuat Receiptify Putri Zakia Salsabila/ KOMPAS.comCara membuat Receiptify

KOMPAS.com - Pengguna aktif media sosial di Tanah Air belakangan pasti sering melihat daftar musik yang ditampilkan layaknya setruk belanjaan. Postingan ini ramai bertebaran di Instagram maupun Twitter.

Mirip setruk belanjaan karena faktor tampilan kertas, jenis huruf (font) dan tata letaknya. Padahal, isinya adalah informasi judul lagu dan durasi lagu. Postingan seperti itu dibuat menggunakan Receiptify.

Receiptify adalah plug in atau fitur tambahan untuk membuat daftar lagu (track generator) favorit, lebih spesifiknya adalah daftar 10 lagu teratas yang paling sering diputar oleh pengguna di aplikasi Spotify.

Baca juga: Fitur Baru Spotify Bisa Bagikan Playlist Pendek ke Media Sosial

Fitur track generator ini dapat merangkum lagu favorit pengguna yagn diputar selama satu bulan terakhir, enam bulan terakhir, atau selama pengguna menggunakan aplikasi tersebut.

Tak hanya itu, pengguna juga akan mendapatkan hasil total durasi dari setiap lagu sebagai "jumlah" dari tagihan. Di akhir struk, pengguna juga akan ditunjukkan total durasi putar yang lagu. 

Plug in ini diciptakan oleh seorang pengembang aplikasi muda, Michelle Liu yang masih kuliah tahun pertamanya di program studi Sistem Informasi di Carnegie Mellon University.  

Dalam situs Receiptify, Liu mengatakan bahwa dirinya membuat plug in Receiptify terinsipirasi dari akun Instagram @albumreceipts.

Sejak plug in tersebut dipublikasikan melalui twitter, Liu mendapatkan lebih dari 25.000 retweet dalam satu hari.

Karena itu, Liu akan lebih serius menggarap Receiptify, termasuk berinvestasi menggunakan platform cloud berbayar, agar Receiptify bisa menangani trafik yang lebih banyak dengan lebih baik.

Cara membuat Receiptify

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X