Snapchat Bikin Lensa Khusus Sambut Hari Batik Nasional, Begini Cara Pakainya

Kompas.com - 02/10/2020, 15:30 WIB
Ilustrasi Snapchat. The VergeIlustrasi Snapchat.

KOMPAS.com - Menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, Snapchat menghadirkan fitur khusus. Bekerja sama dengan Official Lens Creator, Snapchat membuat Lens khusus Hari Batik Nasional.

Untuk yang belum familiar, fitur Lens dalam Snapchat memanfaatkan teknologi augemented reality (AR). Pengguna cukup memindai Snapcode untuk bisa merasakan pengalaman AR Snapchat.

Khusus untuk Lens bertema Hari Batik Nasional, teknologi AR akan memunculkan aneka ragam desain batik melalui Lensa AR Portal. Pengguna bisa menjelajah "ruangan" untuk melihat batik-batik yang dipajang lebih dekat.

Baca juga: Setelah Instagram, Giliran Snapchat Tiru Fitur TikTok

Berbagai macam batik yang akan muncul di Lens Snapchat Hari Batik Nasional dengan memanfaatkan teknologi AR.Snapchat Berbagai macam batik yang akan muncul di Lens Snapchat Hari Batik Nasional dengan memanfaatkan teknologi AR.
Cara menggunakan fitur ini cukup mudah. Cukup pindai Snapcode di bawah ini, kemudian klik "unlock for 48 hours". Bisa juga membagikannya kepada teman dengan memilih opsi "send to friends".

Pengguna cukup memindai Snapcode Hari Batik Nasional ini untuk bisa menggunakan fitur Lens Snapchat.Snapchat Pengguna cukup memindai Snapcode Hari Batik Nasional ini untuk bisa menggunakan fitur Lens Snapchat.

Setelah kunci terbuka, pengguna bisa menjelajah "area" batik dengan menggerakan ponsel sambil berjalan-jalan. Bisa juga membuat Story lalu menghiasinya dengan teks, GIF, dan lain-lain sesuai kreativitas masing-masing.

Baca juga: Facebook dan Snapchat Disebut Ingin Akuisisi Pesaing TikTok

Story bisa diunggah dan akan bertahan selama 24 jam. Hari Batik Nasional mulai ditetapkan tahun 2009 lalu setelah batik ditetapkan sebagai daftar Intangible Culture Heritage (ICH) UNESCO atau Warisan Budaya Takbenda.

"Momen ini menjadi penting bagi kita sebagai masyarakat di Indonesia, karena budaya dan warisan kita diakui dan dirayakan," ungkap pihak Snapchat melalui keterangan resmi kepada KompasTekno, Jumat (2/10/2020).

Setiap tahunnya, pada tanggal 2 Oktober masyarakat diimbau untuk mengenakan batik sebagai perayaan Hari Batik Nasional.

Snapchat juga memang biasa merilis filter atau Lens khusus untuk memperingati hari tertentu. Seperti pada Februari lalu Snapchat merilis filter untuk hari Valentine, hingga Hari AIDS Internasional.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba, bisa mengunduh aplikasi Snapchat untuk Android melalui tautan berikut ini. Sementara pengguna iOS bisa mengunduh melalui tautan berikut.

Selamat mencoba!



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X