Apple Umumkan iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan Pro Max

Kompas.com - 14/10/2020, 01:22 WIB
Ilustrasi lima varian warna iPhone 12. AppleIlustrasi lima varian warna iPhone 12.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan jajaran iPhone terbaru di sebuah acara peluncuran bertajuk "Hi, Speed" yang digelar secara virtual, Selasa (13/10/2020) pukul 10 pagi waktu setempat (PDT) atau Rabu dini hari pukul 00.00 WIB.

Melanjutkan generasi sebelumnya, juga sejalan dengan rumor yang telah menyeruak, iPhone teranyar ini resmi dirilis dengan nama iPhone 12.

Ada empat varian iPhone yang diluncurkan Apple untuk tahun 2020, yakni iPhone 12 "reguler", iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, dan iPhone 12 mini.

Keempat iPhone tersebut kompak ditenagai dengan chipset terkuat besutan perusahaan, Apple A14 Bionic, yang sudah dilengkapi dengan dukungan 5G.

"Kita sudah sampai di era baru. Hari ini, kami memboyong dukungan 5G untuk pertama kalinya ke jajaran iPhone," ujar CEO Apple, Tim Cook, di panggung acara virtual.

"Konektivitas 5G bisa memberikan performa jaringan yang lebih mumpuni, baik itu untuk streaming video berkualitas tinggi, pengalaman gaming responsif dengan tingkat latensi rendah, dan masih banyak lagi," imbuh Tim.

Secara desain, bagian depan keempat iPhone 12 ini mengandalkan layar dengan panel berjenis OLED Super Retina XDR.

Bagian atasnya juga masih dihiasi poni (notch) lebar khas Apple yang sudah menemani pengguna sejak iPhone X. Modul ini memuat satu kamera selfie dan sebuah sensor yang berfungsi sebagai sistem biometrik Face ID.

Karena masih ada notch, tampilan keempat iPhone 12 sekilas ini sama persis dengan generasi sebelumnya, yakni trio iPhone 11.

Perbedaan terletak di bingkai ponsel yang kini tampak menyiku (squared), tidak membulat (rounded), mirip seperti desain bingkai iPhone 4, iPhone 5, dan iPhone SE (2016), serta iPad Pro dan iPad Air 2020.

Di segi ketahanan, keempat iPhone 12 ini dilapisi dengan kaca pelindung ceramic yang diklaim empat kali lebih kuat dibanding kaca biasa.

Keempat iPhone ini juga dibekali dengan sertifikasi IP68 dan diklaim bisa kuat di bawah air dengan kedalaman enam meter selama 30 menit.

Meski ada beberapa kesamaan, keempat iPhone terbaru ini sejatinya berbeda, baik dari segi  ukuran layar, tampilan belakang, maupun spesifikasi.

Baca juga: iPhone 12 Dijual tanpa Charger dan Earphone, Ini Penjelasan Apple

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X