Bukan iPhone 12 Mini, Ini iPhone yang Bisa Mengancam Android di Indonesia

Kompas.com - 15/10/2020, 13:25 WIB
iPhone 12 reguler (kiri) dan iPhone 12 mini (kanan) AppleiPhone 12 reguler (kiri) dan iPhone 12 mini (kanan)

KOMPAS.com - Sebuah survei yang dilakukan situs jual beli ponsel, sellcell.com, menyebut bahwa 3 dari 10 orang pengguna Android tertarik untuk hijrah ke iPhone.

Dari survei tersebut, iPhone 12 Mini menjadi yang paling populer dengan total perolehan suara sebesar 48,1 persen.

Di antara model yang lain, iPhone 12 Mini diposisikan sebagai model yang paling kecil dan murah. Ponsel tersebut dijual dengan harga 699 dollar AS (sekitar Rp 10,3 juta).

Lantas, jika kelak iPhone 12 Mini masuk ke Indonesia, apakah akan menjadi ancaman untuk ponsel Android di Tanah Air?

Menurut analis pasar firma riset IDC, Risky Febrian, di Indonesia sendiri konsumen ponsel di kisaran harga Rp 10 jutaan cenderung lebih setia dan loyal.

"Jika sudah di segmen harga 10 jutaan (high end-premium) konsumen cenderung lebih loyal terhadap salah satu brand, jadi tidak mudah pindah dari satu brand ke brand lainnya," jelas Risky kepada KompasTekno, Rabu (15/10/2020).

Baca juga: Cara Apple Bikin Baterai iPhone 12 Lebih Irit Meski Mendukung 5G

Menurut Risky, yang bisa mengancam pasar Android di Indonesia adalah iPhone dengan harga di bawah Rp 10 juta.

Seperti iPhone 7 yang kini sudah turun harga menjadi Rp 5-6 juta dan iPhone SE 2020 yang dijual dengan harga Rp 7-8 juta.

"Banyak pengguna Android yang tadinya ada di segmen mid-range akhirnya pindah ke Apple karena ditawari dengan harga yang murah," jelas Risky.

Sedikit membahas iPhone 12 Mini, ini adalah pertama kalinya Apple menambahkan embel-embel "mini" di lini iPhone.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X