Kompas.com - 20/10/2020, 19:27 WIB
Ilustrasi astronot lakukan misi di permukaan Bulan. Ilustrasi astronot lakukan misi di permukaan Bulan.

KOMPAS.com - Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) berencana membangun jaringan 4G LTE di Bulan. Untuk merealisasikan rencana tersebut, NASA menggandeng Nokia.

Diketahui, NASA berencana membuat misi untuk terbang kembali ke Bulan pada 2024 mendatang. Untuk mendukung komunikasi dengan astronotnya, maka dibutuhkan jaringan yang mumpuni.

Karena itulah NASA menggelontorkan dana 14,1 juta dollar AS ke Nokia, untuk merancang BTS 4G LTE yang bisa dioperasikan di Bulan.

Menurut NASA Associate Administrator, James Reuter, jaringan seluler di Bulan bisa memudahkan para astronot dalam mengeksplorasi permukaan satelit alami Bumi itu.

Baca juga: China Ancam Persulit Nokia dan Ericsson Kalau Huawei Diblokir

"Nokia akan mencari tahu bagaimana teknologi terestrial bisa dimodifikasi agar bisa beroperasi di lingkungan Bulan, untuk memberikan komunikasi yang bisa diandalkan," kata Reuter.

Pendanaan itu menjadi bagian dari pendaan proyek Artemis NASA yang diumumkan pada minggu lalu, yang nilainya mencapai 370 juta dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nokia mengatakan, sistem komunikasi broadband pertama di luar angkasa tersebut akan dibangun pada 2022 mendatang.

Untuk mengirimkan peralatan yang dibutuhkan ke Bulan, Nokia akan bermitra dengan perusahaan asal Texas, Intuitive Machines.

Baca juga: Microsoft Disebut Bakal Kembali Caplok Nokia

Sebelumnya, dikutip KompasTekno dari Engadget, Selasa (20/10/2020), Nokia juga pernah berencana membangun jaringan LTE di Bulan bersama operator seluler Vodafone.

Namun, proyek yang diinisiasi pada 2018 lalu itu tidak pernah terwujud. Sejatinya, keduanya akan men-streaming video dari Bulan ke Bumi dengan teknologi masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.