Kamera Vivo V20 Bisa Jepret Obyek Bergerak Tanpa Buram

Kompas.com - 26/10/2020, 11:00 WIB
Kamera Vivo V20 dilengkapi Motion Autofocus. Dok. Vivo IndonesiaKamera Vivo V20 dilengkapi Motion Autofocus.

KOMPAS.com -  Kamera smartphone masa kini sudah terbilang andal untuk menangkap foto berbagai macam obyek. Namun, apabila obyek tersebut bergerak, ada kalanya hasil gambar tampak buram karena ponsel kesulitan mengunci fokus.

Misalnya, ketika berusaha memotret hewan peliharaan yang terus bergerak dengan cepat, menjepret gambar saat bersepeda, atau memasak.

Untuk mengatasi hal itu, Vivo memperkenalkan fitur Motion Autofocus di salah satu smartphone terbarunya, V20.

Dengan fitur ini, pengguna V20 bisa mengunci fokus di obyek bergerak mana pun dalam frame. Kamera ponsel kemudian akan melacak fokus (tracking) di obyek tersebut agar tampilannya tetap tajam dan tidak out of focus.

Baca juga: Baterai Vivo V20 dan V20 SE Bisa Terisi Lebih dari 60 Persen dalam 30 Menit

Senior Product Manager Vivo Indonesia Ricky Bunardi mengatakan tujuan Vivo menyematkan Motion Autofocus untuk membantu pengguna V20 dalam menangkap gambar obyek yang bergerak cepat.

"Sehingga konsumen dapat bisa menangkap momen terbaik dengan hasil video dan foto tetap fokus dan tidak blur," ujar Ricky dalam keterangan tertulis Vivo yang dilayangkan ke KompasTekno, Senin (26/10/2020).

Cara menggunakan Motion Autofocus di Vivo V20

Fitur Motion Autofocus dapat diaktifkan di Vivo V20 dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Sesaat setelah mengaktifkan kamera, buka menu Pengaturan dan pilih opsi Motion Autofocus
  2. Selanjutnya, klik opsi Eye Autofocus untuk memusatkan fokus di daerah mata, Body Autofocus untuk keseluruhan tubuh subyek manusia, atau Object Autofocus untuk jenis obyek lain
  3. Setelah fitur Motion Autofocus diaktifkan, fitur tersebut bisa mulai digunakan untuk mengunci fokus dengan cara mengetuk dua kali pada objek yang ingin difoto
  4. Kamera kemudian akan secara otomatis mengunci obyek dan mempertahankan fokus pada objek secara terus menerus

Kamera belakang Vivo V20.Dok. Vivo Indonesia Kamera belakang Vivo V20.
Motion Autofocus mampu melakukan tracking saat obyek bergerak mendekat atau menjauhi kamera, atau menyamping.

Fitur Smart Zoom juga akan membantu menjaga obyek agar tetap berada di tengah frame dengan melakukan panning secara otomatis.

Untuk memaksimalkan ketajaman, sebaiknya pemotretan dilakukan dalam kondisi cahaya yang memadai, agar kecepatan rana cukup tinggi sehingga mencegah motion blur.

Baca juga: Vivo V20 SE dan V20 Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Vivo V20 sendiri memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari 64MP Main Camera, 8MP Multimode Camera (Super Wide-Angle, Super Macro, Depth) dan2MP Mono Lens. Kamera depannya adalah 44MP Eye Autofocus dengan fitur 44MP Eye Tracking dan 44MP Autofocus.

Selain Motion Autofocus, fitur lain di kamera Vivo V20 termasuk Super Night Mode, Memory Recaller, Dual-View Video (bisa digunakan di kamera depan dan belakang), Art Portrait Video dan Dynamic Sky.

Ponsel yang ditenagai Snapdragon 720G ini turut dibekali fitur NFC Multifunctions, 33W FlashCharge, serta menjalankan Funtouch OS 11 yang berbasis Android 11. Di Indonesia, V20 dipasarkan dengan harga Rp 4.999.000.

Baca juga: Fitur NFC di Vivo V20 Bisa Jadi Pengganti Kartu Akses



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X