Semua Pengguna Zoom Kini Dapat Perlindungan dari Ujung ke Ujung

Kompas.com - 29/10/2020, 17:06 WIB
Aplikasi Zoom forbes.comAplikasi Zoom

KOMPAS.com - Aplikasi video konferensi Zoom akhirnya meluncurkan fitur enkripsi end-to-end (E2EE) atau ujung ke ujung, untuk melengkapi keamanan layanannya.

Fitur ini telah hadir bagi semua pengguna berbayar dan gratisan, yang menggunakan Zoom lewat PC, Mac, iOS, Android, maupun Zoom Rooms.

Namun, fitur ini belum tersedia di web client atau aplikasi pihak ketiga yang menggunakan Zoom SDK. Sebelum hadir untuk lebih banyak pengguna, fitur enkripsi end-to-end hanya tersedia bagi pengguna berbayar saja.

Namun, kebijakan ini dikritik banyak pihak lantaran sejak pandemi, pengguna Zoom melonjak tajam, baik yang gratis maupun berbayar. Khusus untuk pengguna gratisan akan diminta verifikasi nomor ponsel menggunakan SMS.

Baca juga: Viral Filter Kepala Alien Saat Zoom, Begini Cara Bikinnya

Dalam 30 hari pertama, nantinya pengguna akan dimintai tanggapan tentang fitur tersebut.
Setelah 30 hari, fitur ini akan tetap tersedia. Sebelumnya, Zoom hanya menawarkan enkripsi yang datanya disimpan antara peserta rapat dan server Zoom.

Enkripsi itu belum end-to-end untuk masing-masing peserta yang notabene, secara teori akan lebih aman, karena pihak manapun, termasuk Zoom tidak bisa "mengintip" atau "menguping" video konferensi.

Apabila sebuah rapat telah mengaktifkan enkripsi end-to-end, akan muncul tanda perisai hijau di kiri atas. Perisai itu memiliki gambar gembok, mengindikasikan rapat terlindungi secara menyeluruh.

Kendati demikian, ada beberapa fitur Zoom yang tidak bisa menggunakan fitur E2EE, seperti cloud recording, trankripsi langsung, poling, reaksi, dan bergabung sebelum host.

E2EE juta tidak bisa diaktifkan menggunakan perangkat SIP/H.323 atau klien Lync/Skype.
Peluncuran ini baru awal.

Baca juga: Fitur Baru Zoom Bisa Dipakai untuk Dapatkan Uang

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (29/10/2020) akan ada empat fase untuk menggelontorkan fitur E2EE.

Salah satu fasenya mencakup manajemen identitas yang lebih baik, dan dukungan sistem masuk tunggal. Kemungkinan perubahan itu akan dirilis tahun depan.

Cara mengaktikan E2EE

1. Masuk web atau aplikasi Zoom
2. Klik "Account Management", lalu pilih "Account Settings".
3. Pilih tab "Meeting".
4. Pada bagian "Security", pastikan bahwa bagian "Allow use of end to end encryption" aktif.
5. Apabila belum aktif, cukup geser toggle, lalu klik "Turn On".
6. Jika ingin menjadikan pengaturan ini wajib bagi semua pengguna di akun Anda, klik ikon gembok, lalu klik "Lock" untuk mengonfirmasi pengaturan.
7. Di bawah "Security" pilih tipe default enkripsi.
8. Pilih "save".



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X