Ini 5 Layanan Penyimpanan Foto Alternatif Google Photos

Kompas.com - 17/11/2020, 18:04 WIB
Folder di Google Photos cnet.comFolder di Google Photos
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Google memastikan bahwa mulai pertengahan tahun depan, pengguna tak bisa menikmati ruang penyimpanan (storage) tanpa batas (unlimited) secara cuma-cuma di Google Photos.

Kebijakan yang bakal berlaku pada 1 Juni 2021 tersebut sebenarnya masih mengizinkan pengguna untuk menikmati layanan simpan foto dan video ini secara gratis, namun, kapasitasnya dibatasi 15 GB, alih-alih unlimited.

Agar lebih lega, pengguna harus membeli kapasitas tambahan dengan harga mulai dari Rp 26.900 per bulan untuk kapasitas 100 GB.

Kebijakan ini agaknya menjadi kabar buruk bagi pengguna yang gemar menikmati layanan penyimpanan foto atau video gratisan dengan kuota storage melimpah.

Baca juga: Tahun Depan, Penyimpanan Unlimited di Google Photos Tidak Gratis Lagi

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ada sejumlah layanan penyimpanan foto dan video alternatif yang juga bisa digunakan secara gratis, meskipun tidak unlimited.

Dengan demikian Anda bisa menggunakan layanan tersebut untuk menambah kapasitas penyimpanan cloud Anda. Apa saja?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut ini adalah lima layanan penyimpanan foto selain Google Photos, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidAuthority, Selasa (17/11/2020).

1. Flickr

Ilustrasi Flickr.AndroidAuthority Ilustrasi Flickr.
Flickr merupakan layanan penyimpanan foto dan video gratis yang cukup populer. Layanan yang telah berdiri sejak tahun 2004 ini sebenarnya sempat memberikan storage cuma-cuma yang besarnya mencapai 1 TB.

Baca juga: Flickr Batasi Pengguna Gratis Unggah 1.000 Foto dan Video

Namun, pada akhir 2018 lalu, Flickr mengubah kebijakannya dan mengubah benefit bagi pengguna gratisan, dari storage 1 TB menjadi 1.000 foto per pengguna.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.