Fortnite Sediakan Fitur Video Chat di Dalam Game

Kompas.com - 19/11/2020, 17:12 WIB
Tampilan video chat di Fortnite via aplikasi Houseparty. Epic GamesTampilan video chat di Fortnite via aplikasi Houseparty.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Layanan percakapan suara, alias voice chat merupakan sebuah fitur lazim di game online yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi antar pemain.

Salah satu game online besutan Epic Games (Epic), Fortnite, bakal menghadirkan metode komunikasi yang lebih canggih, yakni percakapan lewat panggilan video ( video chat), seperti dalam aplikasi telekonferensi.

Alih-alih terintegrasi di dalam Fortnite, layanan video chat tersebut mengandalkan platform media sosial berbasis video, Houseparty.

Baca juga: Game Fortnite Bakal Hadir di PS5, Ini Bedanya dari Versi PS4

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna perlu memasang aplikasi Houseparty di smartphone. Aplikasinya bisa diunduh di sini (Android) atau di sini (iOS).

Ilustrasi tampilan untuk menghubungkan akun Houseparty ke Fortnite, beserta logo TV yang di tengahnya ada huruf F.Epic Games Ilustrasi tampilan untuk menghubungkan akun Houseparty ke Fortnite, beserta logo TV yang di tengahnya ada huruf F.

Setelah itu, pengguna perlu menghubungkan akun Houseparty dengan akun Epic yang dipakai bermain Fortnite.

Caranya adalah dengan meng-klik sebuah ikon yang terletak di deretan menu atas. Ikon ini menyerupai sebuah "TV" dengan sentuhan huruf "F" di bagian tengahnya.

Apabila sudah terhubung, pemain bisa menambahkan pemain lainnya yang juga sudah menghubungkan akun Houseparty dan Epic, agar bisa bergabung di ruangan virtual Houseparty dan memulai percakapan video.

Nantinya, tampilan video chat yang terpampang di aplikasi Houseparty juga bakal bisa dilihat di game Fortnite, tepatnya di deretan jendela video chat di sebelah kiri tampilan game.

Belum bisa digunakan

Meski sudah diumumkan, dari pantauan KompasTekno, Kamis (19/11/2020), fitur ini tampaknya masih belum bisa digunakan. Sebab, KompasTekno tidak menemukan ikon TV yang dilengkapi dengan logo "F" tadi di aplikasi Houseparty.

Baca juga: Game Fortnite Dikabarkan Bakal Bisa Dimainkan Lagi di iPhone dan iPad

Selain itu, ada pula sebuah banner yang menginformasikan bahwa "Fortnite Mode" belum tersedia dan bakal hadir "dalam waktu dekat", sebagaimana dalam gambar berikut.

Ilustrasi aplikasi Houseparty.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi Houseparty.
Informasi serupa juga disampaikan oleh akun resmi @houseparty di Twitter. Akun ini belum mengungkap kapan fitur tersebut akan bisa digunakan, tapi berjanji bakal memberikan kabar terkini terkait rencana kehadiran fitur video chat di Fortnite.

Epic sendiri telah memastikan bahwa fitur ini untuk sementara waktu hanya bisa digunakan di Fortnite versi PC, PlayStation 4 (PS4), dan PlayStation 5 (PS5) saja.

Ketersediaan di platform lain, apabila memungkinkan, bakal diumumkan di kemudian waktu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari EpicGames.com, Kamis (19/11/2020).



Sumber Epic Games
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X