Pemain PUBG Mobile Jadi Incaran Penjahat Siber

Kompas.com - 26/11/2020, 18:16 WIB
PUBG Mobile resmi mengeluarkan sebuah Royale Pass Season 16  bertema ?Metro Royale?. Dok. PUBG MobilePUBG Mobile resmi mengeluarkan sebuah Royale Pass Season 16 bertema ?Metro Royale?.
|
Editor Oik Yusuf

 KOMPAS.com - Berhati-hatilah jika Anda gemar bermain game battleroyale PUBG Mobile. Sebab, game ini menjadi incaran pihak tidak bertanggung jawab yang ingin mencuri data pengguna.

Perusahaan antivirus Kaspersky menemukan ada sebanyak 260 laman web palsu yang menyasar para pemain PUBG Mobile dengan jebakan phising.

Rancangannya dibuat sedemikian rupa untuk meyakinkan para pemilik akun PUBG Mobile bahwa laman-laman itu memang asli dari pembuat game, sehingga tak menyadari bahwa data yang dimasukkan ke dalamnya bakal berakhir di tangan penjahat siber.

Para penjahat siber itu memanfaatkan kehadiran musim baru PUBG Mobile yang baru saja dirilis. Di musim ke-16 ini, PUBG Mobile membawa sejumlah item baru, termasuk mode Metro:Exodus.

Baca juga: PUBG Mobile Musim Ke-16 Dimulai, Ada Item dan Mode Baru

Laman-laman phising tersebut berupaya memancing para pemain PUBG Mobile dengan menawarkan umpan berupa item gratis. Pemain kemudian diarahkan untuk mengirim akun mereka melalui profil Twitter atau Facebook.

Pemain juga akan diminta memberikan informasi tambahan seperti nama pengguna, nomor telepon, hingga level yang tengah dimainkan.

Setelah memasukkan data yang bersifat pribadi tersebut, pemain akan mendapati keterangan "hadiah Anda akan tiba dalam waktu 24 jam", padahal nyatanya tidak.

"Peneliti kami menemukan ada 260 halaman hanya dalam beberapa hari, dan jumlahnya terus bertambah," kata Tatyana Shcherbakova, peneliti keamanan Kaspersky dalam blog resminya.

Ia juga mengatakan, halaman tersebut tidak ada hubungannya sama sekali dengan Tencent, pengembang PlayerUnknown's Battlegrounds.  "Tujuan halaman (situs phising) tersebut adalah untuk mencuri data pemain game," lanjut Tatyana.

Baca juga: PUBG Mobile Punya Mode Payload 2.0, Ada Senjata dan Lokasi Tersembunyi

Agar terhindar dari pencurian data ini, Tatyana menyarankan pemain agar lebih hati-hati jika menemukan iming-iming hadiah gratis di luar situs resmi PUBG Mobile.

"Hadiah di luar situs resmi PUBG Moblie hampir pasti adalah scam. Jika URL situs bukan pubgmobile.com, jangan masukkan informasi apapun," kata Tatyana, dihimpun KompasTekno dari Blog Kaspersky, Kamis (26/11/2020).

Tatyana mengatakan, jika memang pihak pengembang memberikan item atau hadiah gratis untuk pemain secara resmi, maka informasi tersebut pasti akan disebarkan melalui halaman dan media sosial resmi PUBG Mobile.

"Oleh karena itu, sebaiknya gunakan solusi keamanan yang andal yang memblokir halaman berbahaya untuk melindungi Anda dari penipuan online dan phishing," pungkas Tatyana.



Sumber Kaspersky
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X