Lewati Apple, Xiaomi Jadi Pabrikan Smartphone Terbesar Ketiga di Dunia

Kompas.com - 01/12/2020, 08:11 WIB
ilustrasi smartphone user usatoday.comilustrasi smartphone user

KOMPAS.com - Xiaomi menggeser kedudukan Apple sebagai pabrikan smartphone terbesar ketiga di dunia, menurut laporan terbaru dari firma riset pasar Gartner untuk penjualan smartphone kuartal III-2020.

Dari lima vendor smartphone yang masuk dalam daftar, Xiaomi mengalami pertumbuhan pangsa pasar paling besar dibanding yang lainnya.

Vendor asal China itu mencatat angka penjualan 44,4 juta unit pada kuartal III-2020, meningkat 34,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara Apple, yang ini menempati urutan keempat, mengalami penurunan penjualan sebesar turun 0,6 persen, dengan angka penjualan yang terpaut sekitar empat juta unit di bawah Xiaomi.

Baca juga: Xiaomi Cetak Rekor Pengiriman Smartphone

Meski demikian, menurut Gartner, keunggulan Xiaomi terhadap Apple di kuartal III-2020 hanya sementara. Sebab, penjualan ponsel Apple diprediksi akan melonjak begitu iPhone 12 mulai masuk dalam penghitungan di kuartal berikutnya.

Masih dari laporan yang sama, Samsung masih menjadi penguasa smartphone global dengan kenaikan pangsa pasar sebesar 2,2 persen secara Year-over-Year dan angka penjualan 80,8 juta unit smartphone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian Huawei bercokol di posisi kedua dengan penjualan 51,8 juta unit. Huawei mengalami penurunan cukup signifikan, yakni 21,3 persen secara YoY.

Kemungkinan besar penyebabnya adalah sanksi pemerintah AS terhadap Huawei yang membuat penjualannya lesu secara global.

Oppo menutup lima besar daftar penguasa smartphone global dalam laporan ini dengan penjualan 29,8 juta dani penurunan pangsa pasar sebesar 2,3 persen.

Lima besar vendor smartphone global pada kuartal III-2020 versi firma riset Gartner.Gartner Lima besar vendor smartphone global pada kuartal III-2020 versi firma riset Gartner.

Total penjualan smartphone dunia mencapai 366 juta unit pada kuartal III-2020. Jumlah tersebut turun 5,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Halaman:


Sumber Gartner
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.