Pengguna Android Bisa Unggah Foto dan Video ke Google Street View

Kompas.com - 04/12/2020, 16:49 WIB
ilustrasi Google Maps The Vergeilustrasi Google Maps

KOMPAS.com - FiturStreet View di Google Maps dapat menampilkan kondisi nyata jalanan atau alamat tertentu dalam peta. Namun, tidak semua lokasi dapat ditampilkan karena belum menjangkau 100 persen jalanan di dunia.

Karena itulah Google merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna mengunggah video atau foto jalanan tertentu untuk ditampilkan di Street View. Pengguna pun bisa mengunggah foto dan video tersebut langsung dari ponsel Android.

Product Manager Google Maps Street View, Stafford Marquardt mengatakan bahwa fitur ini memanfaatkan teknologi ARCore yang berfungsi untuk mengolah foto atau video yang nantinya akan ditampilkan dalam peta.

"Gambar ini bisa ditangkap berkat dukungan ARCore, yakni teknologi Augmented Reality yang kami gunakan untuk menghasilkan tampilan seperti Live View," kata Stafford dalam blog resmi Google.

Baca juga: Update Google Maps Ada Rute Khusus Untuk Pesepeda

Dengan menggunakan aplikasi Street View, cukup ambil serangkaian foto sambil bergerak maju di jalanan. Nantinya, teknologi ARCore Google akan menggabungkannya menjadi satu untuk membuatnya menjadi tampilan Street View.

Gambar itu pun akan muncul di titik jalan yang sudah disesuaikan Google di peta Google Maps.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Jumat (4/12/2020), hasil rekaman gambar yang diunggah lewat Street View juga bisa dilihat dan dijelajahi oleh pengguna lain.

Untuk keamanan, Google juga akan memburamkan objek tertentu seperti wajah manusia atau pelat nomor kendaraan.

"Kami juga memberikan kontrol privasi pada gambar yang diunggah oleh pengguna, termasuk pemburaman wajah dan pelat nomor kendaraan seperti yang Anda lihat dalam peta di aplikasi Street View," ungkap Stafford.

Baca juga: Google Maps Versi Gelap Mulai Disebar di Android

Update fitur baru di aplikasi Google Street View ini hanya tersedia di ponsel Android yang kompatibel dan sudah mendukung ARCore.

Untuk sementara, fitur ini digelontorkan bagi pengguna Android di wilayah Toronto, Austin, New York, Indonesia, Costa Rica, Kanada, dan Nigeria. Google berencana akan memperluas fitur ini ke wilayah lainnya dalam waktu dekat.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.