Google Siapkan 5 Fitur Baru untuk Android

Kompas.com - 07/12/2020, 16:23 WIB
Ilustrasi sistem operasi Android phonearena.comIlustrasi sistem operasi Android
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun 2020, Google menyiapkan sejumlah peningkatan untuk platform Android. Raksasa internet itu, misalnya, mengatakan bahwa  Android Auto untuk mobil bakal disebar ke lebih banyak negara.

Google turut menyiapkan fitur-fitur baru untuk Android di ponsel. Ada lima aplikasi yang bakal mendapat kemampuan baru, yakni Gboard, Google Play Audiobooks, Voice Access, Google Maps, dan Nearby Share.

Selengkapnya bisa dilihat di bawah, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Google, Senin (7/12/2020).

1. Tambahan emoji pada Gboard

Emoji Kitchen di GboardBlog Google Emoji Kitchen di Gboard
Pengguna aplikasi Gboard kini memiliki lebih banyak pilihan emoji ekspresi wajah lewat tambahan fitur baru yang disebut sebagai "Emoji Kitchen".

Google menggelontorkan sekitar 14.000 emoji yang bisa dipilih lewat menu keyboard. Dengan Emoji Kitchen, masing-masing emoji ekspresi wajah akan mendapat variasi baru yang berasal dari gabungan dengan emoji lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Fitur Penerjemah Real-Time di Gboard Sudah Bisa Dicoba

Varian emoji baru tersebut bisa dikirimkan ke pengguna lain lewat aplikasi chatting. Bentuknya pun bukan emoji berbentuk kecil, melainkan stiker.

Update ini sudah tersedia di aplikasi Gboard versi beta. Perlu dicatat, fitur Emoji Kitchen hanya bisa diperoleh untuk pengguna Android 6.0 ke atas.

2. Tools khusus pada aplikasi Google Play Audiobooks

Sebelumnya, tidak semua buku yang ditulis dapat diubah menjadi audiobook. Namun, Google Play telah bekerja sama dengan penerbit asal AS dan Inggris untuk memfasilitasi penulis buku agar dapat menarasikan tulisannya sebagai audiobook.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.