iOS 12.5 Meluncur untuk iPhone Lawas, Ada Fitur Pelacak Covid-19

Kompas.com - 15/12/2020, 16:10 WIB
ilustrasi iOS 9to5Mac.comilustrasi iOS

KOMPAS.com - Selain merilis pembaruan iOS 14.3, Apple juga menggelontorkan update iOS 12.5 untuk iPhone lawas. Dalam pembaruan ini, Apple membawa fitur pelacak Covid-19 benama Exposure Notifications.

Seperti namanya, fitur ini bisa mengingatkan pengguna iPhone jika mereka berada dalam jarak yang dekat dengan pengguna lainnya yang terpapar Covid-19. Fitur ini hadir dengan mengandalkan Application Programming Interface (API) yang digarap oleh Apple dan Google.

Apabila seorang pengguna iPhone terpapar Covid-19, pengguna tersebut bisa secara sukarela melaporkan kondisinya ke dalam fitur Exposure Notifications.

Agar bisa bekerja dengan optimal, fitur ini membutuhkan kerja sama dengan otoritas kesehatan di negara bersangkutan.

Sebab, hanya otoritas kesehatan saja yang bisa memasukkan data Covid-19 ke ponsel pengguna apabila mereka dinyatakan positif Covid-19.

Baca juga: 5 Langkah Mudah untuk Menghemat Memori iPhone

Fitur ini memanfaatkan koneksi bluetooth perangkat untuk melacak keberadaan pengguna yang terpapar Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, fitur ini akan memberikan peringatan kepada pengguna apabila berada dalam jarak yang dekat dengan pasien Covid-19. Pengguna juga akan diberikan notifikasi dan petunjuk langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

iOS 12.5 dirilis untuk iPhone lawas yang tidak mendukung iOS 14. Perangkat lawas yang dimaksud ada yang sudah berusia hampir 7 tahun, yakni iPhone 5S yang dirilis pada September 2013.

Selain itu, iOS 12.5 turut hadir di iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Air, iPad mini 2, iPad mini 3, dan iPod touch generasi keenam.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Mac, Selasa (15/12/2020), selain iOS 12.5, Apple juga turut merilis watchOS 6.3 untuk model Apple Watch generasi lama. watchOS 6.3 hadir dengan tambahan fitur keamanan perangkat.

Baca juga: iOS 14.2 Bikin Baterai iPhone Berkurang 50 Persen dalam 30 Menit

Untuk melakukan pembaruan, pengguna cukup memilih menu "Settings", kemudian pilih "General" lalu klik menu "Software Update". Di sana, pilih opsi "Download and install".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.