Zoom Gratis Tidak Dibatasi 40 Menit pada Tanggal-tanggal Ini

Kompas.com - 17/12/2020, 14:11 WIB
Ilustrasi Zoom. BusinessInsiderIlustrasi Zoom.

KOMPAS.com - Penyedia layanan video conference, Zoom, kembali memberikan akses tanpa batas (unlimited) bagi pengguna non-premium.

Batasan waktu video call yang selama ini dipatok 40 menit bagi pelanggan gratisan, akan dicabut dan menjadi tak terbatas pada tanggal-tanggal tertentu.

Sebelumnya, Zoom sudah pernah memberikan akses tak terbatas (unlimited) kepada pengguna gratis pada momen Thanksgiving, kini Zoom kembali memberikan benefit serupa di momen Natal dan tahun baru.

Kebijakan ini berlaku untuk semua pengguna secara global. Artinya, pengguna Zoom di Indonesia pun bisa menikmati benefit ini.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Pendapatan Zoom Naik Hampir 4 Kali Lipat

"Kami menghapus batasan 40 menit pada akun Zoom gratis untuk semua meeting secara global, di sejumlah kesempatan," tulis Zoom di blog resminya.

Adapun tanggal-tanggal di mana pengguna akun gratis bisa melakukan video call tanpa batasan waktu 40 menit adalah sebagai berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Kamis, 17 Desember pukul 22.00 WIB - Sabtu, 19 Desember pukul 18.00 WIB
  • Rabu, 23 Desember pukul 22.00 WIB - Sabtu, 26 Desember 18.00 WIB
  • Rabu, 30 Desember pukul 22.00 WIB - Sabtu, 2 Januari 2021 pukul 18.00 WIB

Zoom mengatakan, dengan dihapusnya batasan tersebut, penggunanya bisa merayakan berbagai hari raya seperti Hanukkah, Natal, atau Tahun Baru bersama teman dan keluarga.

Pengguna tidak perlu melakukan apa pun pada tanggal-tanggal tersebut, cukup membuka akses Zoom di tanggal dan waktu yang telah ditentukan.

Baca juga: Daftar Tombol Shortcut di Zoom agar Rapat Lebih Mudah

Namun, pengguna disarankan melakukan update Zoom client miliknya, baik itu di ponsel maupun di PC (laptop/desktop), agar bisa mendapat semua produk dan keamanan terbaru.

Zoom sendiri telah menyertakan fitur enkripsi end-to-end (E2EE) atau ujung ke ujung, untuk melengkapi keamanan layanannya, di akun pengguna gratis. Fitur ini sebelumnya hanya tersedia bagi pengguna premium (berbayar).

Enkripsi end-to-end ini telah hadir bagi semua pengguna Zoom di platform PC, Mac, iOS, Android, maupun Zoom Rooms.

Namun, fitur ini belum tersedia di web client atau aplikasi pihak ketiga yang menggunakan Zoom SDK.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur Keamanan Enkripsi End-to-end di Zoom


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ZOOM
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.