Upaya Samsung Kembali ke Jalur "300 Juta Ponsel" pada 2021

Kompas.com - 30/12/2020, 08:28 WIB
Ilustrasi Samsung User reuters.comIlustrasi Samsung User

KOMPAS.com - Vendor ponsel Korea Selatan, Samsung tengah menyiapkan rencana dan strategi baru untuk mengejar target pengiriman ponselnya pada 2021 mendatang.

Pabrikan asal Korea Selatan itu dikabarkan kembali mematok target pengiriman 300 juta unit ponsel dan smartphone pada tahun 2021 mendatang.

Hal itu dilakukan Samsung untuk memperbaiki penurunan jumlah pengiriman ponsel di tahun ini, yang diprediksi bakal tidak mencapai target 300 juta ponsel. Ini menjadi yang pertama dialami Samsung dalam sembilan tahun terakhir.

Penyebab penurunan tersebut tak lain adalah pandemi Covid-19 yang "menginfeksi" berbagai macam sektor industri di seluruh dunia, termasuk industri smartphone.

Baca juga: Pasar Smartphone Dunia Turun Bukan Semata gara-gara Covid-19

Lantas, strategi apa yang dipakai Samsung untuk kembali ke jalurnya lagi dengan mengirimkan 300 juta ponsel dalam setahun, seperti saat sebelum pandemi Covid-19?

Berbagai strategi disiapkan Samsung, seperti penjualan flash sale, diskon, atau bundling dengan produk lain. Berdasarkan sumber dalam industri, Samsung Electronics mematok target mengirimkan 307 juta unit ponsel pada 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari total 307 juta ponsel itu, 287 juta di antaranya adalah smartphone flagship, sedangkan sisanya adalah ponsel entry-level.

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa pada 2021 mendatang, Samsung berencana meningkatkan target penjualan ponsel sekitar 14 persen lebih tinggi dibandingkan tahun ini.

Sebagai acuan, pada akhir kuartal III-2020, Samsung telah mengirimkan sekitar 189,4 juta unit ponsel di seluruh dunia. Angka itu masih rendah jika melihat target yang diproyeksikan Samsung pada kuartal IV-2020 ini, yakni 270 juta ponsel.

Baca juga: Ini Dia 5 Penguasa Pasar Smartphone di Indonesia Kuartal III-2020

Dari varian ponsel yang bakal dibikin, Samsung akan memproduksi sekitar 49,8 juta model ponsel kelas atas, yang mencakup seri Galaxy S21, dan jajaran smartphone lipat pada tahun 2021 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X