Begini Hasil Foto dari Ponsel Pertama dengan Kamera di Dalam Layar

Kompas.com - 07/01/2021, 11:01 WIB
ZTE Axon 20 5G. GSMArenaZTE Axon 20 5G.

KOMPAS.com - Beberapa tahun belakangan, para vendor smartphone menggodok berbagai cara agar bisa menciptakan sebuah ponsel dengan layar yang berbingkai tipis.

Setelah memperkecil ukuran notch dan memakai modul pop-up, cara terbaru yang ditempuh adalah menyembunyikan kamera depan di dalam layar. ZTE menjadi pabrikan pertama yang merilis ponsel dengan kamera seperti itu lewat Axon 20 5G.

Untuk merealisasikan kamera selfie yang tertanam di dalam layar, ZTE menerapkan serangkaian teknologi baru, termasuk katoda transparan, jenis layar OLED anyar, dan matriks piksel transparan untuk transparasi yang tinggi.

Baca juga: Inilah ZTE Axon 20 5G, Smartphone Pertama dengan Kamera Depan di Dalam Layar

Pabrikan asal Negeri Tirai Bambu tersebut juga perlu mengerjakan algoritma baru yang disebut triple selfie algorithm untuk mendapatkan bidikan kamera yang lebih baik, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Forbes, Rabu (6/1/2021).

Kamera depan Axon 20 5G sendiri  memiliki sensor 32 MP (f/2.0). Selain mendukung mode HDR, kamera depan itu juga bisa mengambil video beresolusi 1080p 30 fps. Bagaimana dengan hasil jepretannya?

Ada perbedaan signifikan

Perbandingan hasil foto dari kamera selfie Axon 20 5G (kiri) dengan iPhone 11 Pro (kanan).John Koetsier/Forbes Perbandingan hasil foto dari kamera selfie Axon 20 5G (kiri) dengan iPhone 11 Pro (kanan).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari sejumlah media online luar negeri yang sudah melakukan pengujian atas kamera depan ZTE Axon 20 5G, jepretan selfie dari balik layanya ternyata kurang menggembirakan.

Jurnalis John Koetsier dari Forbes, misalnya, membandingkan kamera selfie under display Axon 20 5G dengan iPhone Pro 11 miliknya.

Menurut dia, tidak perlu menjadi seorang fotografer profesional untuk melihat perbedaan yang signifikan dari hasil bidikan keduanya, terutama di bagian kedalaman warna. Axon 20 5G menghasilkan foto dengan warna lebih pucat.

Di samping itu, dengan resolusi 12 MP, Koetsier mnengatakan bahwa kamera depan iPhone justru menghasilkan hasil foto yang lebih baik ketimbang kamera depan Axon 20 5G yang memiliki sensor 32 MP.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.