Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Dikabarkan Jual Bisnis Seri Ponsel Kelas Atas

Kompas.com - 26/01/2021, 11:08 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akhir 2020 lalu, Huawei menjual sub-brand Honor ke konsorium Shenzhen Zhixin New Information.

Kini, raksasa teknologi China itu dikabarkan akan menjual bisnis ponsel seri P dan Mate milik perusahaan. Keduanya selama ini dikenal sebagai seri ponsel flagship Huawei.

Menurut laporan Reuters, dua orang sumber yang familiar dengan isu ini mengungkap Huawei sedang dalam pembicaraan dengan sebuah konsorium yang dipimpin oleh firma investasi yang disokong pemerintah Shanghai.

Baca juga: Pendiri Huawei Ungkap Alasan Jual Bisnis Ponsel Honor

Sumber tersebut juga mengatakan, perusahaan investasi yang didukung pemerintah Shanghai, bisa membuat konsorsium dengan mengambil alih seri P dan Mate.

Pembicaraan ini konon sudah berlangsung beberapa bulan. Menurut sumber yang enggan diungkap identitasnya itu, pembicaraan dimulai sejak September 2020. Tidak disebutkan berapa nilai yang ditawarkan untuk membeli seri ponsel P dan Mate milik Huawei.

Kemungkinan, Huawei akan mempertahankan tim manajemen seri P dan Mate yang ada saat ini untuk entitas baru nanti, jika kesepakatan berhasil. Skenario yang hampir sama sudah dilakukan pada Honor, di mana 7.000 karyawan dan tim manajemen tetap bertahan di Honor.

Huawei sendiri disebut belum mengambil keputusan final, dan pembicaraan kemungkinan tidak berjalan mulus.

Baca juga: Pendiri Huawei Ungkap Rahasia Perusahaan Bertahan dari Tekanan AS

Menurut dua orang sumber tadi, Huawei tidak akan begitu saja menyerahkan bisnis ponselnya, karena Huawei juga tengah mengembangkan chip Kirin, chip mobile yang dipakai di ponsel buatannya sendiri, termasuk seri P dan Mate.

Tanggapan Huawei

Huawei juga telah memberikan tanggapan resminya soal isu penjualan bisnis ponsel seri P dan Mate.

"Huawei telah mendengar ada rumor yang tak berdasar beredar mengenai kemungkinan penjualan merek smartphone flagship kami. Rumor ini tidak ada gunanya sama sekali. Huawei tidak memiliki rencana seperti itu," kata juru bicara Huawei.

Baca juga: Honor V40 Meluncur, Ponsel Pertama Setelah Pisah dari Huawei

Sementara pemerintah Shanghai mengaku tidak megetahui kabar rencana penjualan seri P dan Mate Huawei, dan menolak untuk berkomentar.

Sebagai informasi, Huawei dahulu juga membantah saat bisnis ponsel Honor (anak usahanya) dirumorkan akan dijual. Namun pada akhirnya, rumor tersebut menjadi nyata, Honor benar-benar lepas dari Huawei.

Rencana penjualan ponsel seri Mate dan P ini juga menjadi indikasi, kecilnya harapan Huawei akan dihapusnya perusahaan dari daftar hitam sanksi dagang pemerintah AS. Presiden AS yang baru, Joe Biden juga belum mengungkap rencana rekonsiliasi dengan China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com