Honor V40 Meluncur, Ponsel Pertama Setelah Pisah dari Huawei

Kompas.com - 24/01/2021, 07:05 WIB
Varian warna Honor V40 GSM ArenaVarian warna Honor V40

KOMPAS.com - Honor resmi meluncurkan ponsel terbarunya, Honor V40 untuk pasar China. Ini menjadi ponsel pertama Honor setelah lepas dari perusahaan induknya, Huawei pada November 2020 lalu.

Sebelum benar-benar lepas dari Huawei, Honor V40 diketahui masih sempat dikembangkan oleh mantan induk perusahaan. Oleh sebab itu, tak heran jika ponsel ini masih membawa beberapa unsur khas milik Huawei.

Seperti pada aspek desain misalnya, Honor V40 terlihat mengusung desain dual-camera selfie yang serupa dengan Huawei P40 Pro. Bedanya, ponsel ini dibekali kamera selfie beresolusi 16 MP alih-alih 32 MP seperti yang dimiliki Huawei P40 Pro.

Baca juga: Pendiri Huawei Ungkap Alasan Jual Bisnis Ponsel Honor

Layar Honor V40 mengusung panel OLED yang memiliki bentang 6,72 inci (2.676 x 1.236 piksel). Layar tersebut sudah mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate hingga 300 Hz.

Bergeser ke bagian belakang, tersemat tiga modul kamera yang ditemani LED Flash. Adapun ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 50 MP dengan sensor RYYB sebesar 1/1,56 inci.

Ukuran pikselnya adalah 1,0 mikrometer, atau 2,0 mikrometer saat mode pixel-binning diaktifkan. Dua kamera belakang lainnya adalah kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera makro 2 MP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jeroan Honor V40 mengandalkan chip besutan MediaTek, yakni Dimensity 1000 Plus. Ponsel ini hadir dengan RAM 8 GB serta dua opsi memori internal, masing-masing 128 GB dan 256 GB.

Di balik cangkang Honor V40, terbenam baterai berkapasitas 4.000 mAh. Karena sudah mendukung pengisian cepat 66 Watt, baterai ponsel ini diklaim terisi penuh hanya dalam waktu 35 menit saja (wired).

Baca juga: Sama-sama Diblokir AS, Nasib Xiaomi Beda dengan Huawei

Untuk sistem operasi, Honor V40 menjalankan Android 10 yang dilapisi antarmuka Magic 4.0. Lantaran diluncurkan di China, masih belum dapat dipastikan apakah ponsel ini turut dibekali dengan layanan Google Mobile Services (GMS) atau tidak.

Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Minggu (24/1/2021), Honor V40 tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Night Black, Titanium Silver, Rose Gold.

Melihat spesifikasinya, Honor V40 ingin bersaing di kelas menengah ke atas, namun hadir dengan banderol harga yang terjangkau.

Di China, Honor V40 varian 8 GB/128 GB dijual dengan harga 3.600 Yuan (sekitar Rp 7,8 juta) dan 4.000 Yuan (sekitar Rp 8,7 juta) untuk varian 8 GB/256 GB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.