Video TikTok Kini Bisa Ditonton di Android TV dan Chromecast

Kompas.com - 04/02/2021, 15:42 WIB
Tampilan aplikasi TikTok. GETTY IMAGES via BBC INDONESIATampilan aplikasi TikTok.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Selama ini, pengguna TikTok hanya bisa menikmati berbagai video pendek di platform tersebut melalui aplikasi di smartphone Android, iOS, dan halaman TikTok.com. Kini, TikTok resmi hadir di perangkat lain, yakni Android TV dan Google Chromecast.

Dari sejumlah laporan, sebagian pengguna di beberapa negara, seperti di Australia dan Inggris, sudah bisa memasang aplikasi tersebut di Android TV mereka masing-masing. Namun, tampaknya belum merata untuk semua pengguna.

Meski masih belum dapat digunakan secara merata oleh semua pengguna, sejumlah laporan tersebut mengumbar beberapa gambar tampilan aplikasi TikTok di Android TV.

Sekilas, tampilan TikTok di TV serupa dengan smartphone. Pada saat membuka aplikasi tersebut, misalnya, pengguna bakal disodorkan dengan satu video TikTok secara acak yang dikurasi dalam kategori "For You".

Baca juga: Pesaing TikTok dari YouTube Ditonton 3,5 Miliar Kali dalam Sehari

Pengguna juga bisa melihat berbagai konten di kategori lainnya, seperti "Following", "Comedy", "Beauty & Fashion", "Sports", "Animals", dan lain sebagainya, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Tampilan aplikasi TikTok di Android TV.9to5Google Tampilan aplikasi TikTok di Android TV.
Untuk navigasi, pengguna TikTok di Android TV dan Chromecast bisa menggunakan tombol kiri atau kanan pada remote control. Fungsi tombol tersebut serupa dengan mengusap layar ke bawah atau ke atas (swipe up/down) seperti di smartphone.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara tombol atas dan bawah dapat digunakan untuk beberapa fungsi, seperti menyukai, mengomentari, melihat komentar video, mengakses profil TikTok sang pengunggah konten, dan lain sebagainya.

Untuk melakukan login ke dalam akun TikTok di Android TV, pengguna cukup menekan tombol atas pada remote control dan memasukkan kode yang akan muncul di halaman tiktok.com/activate.

Pengguna juga bisa login dengan memindai kode QR yang ada di TV melalui aplikasi TikTok yang terpasang di smartphone masing-masing, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidPolice, Kamis (4/2/2021).

Perlu dicatat, video yang diunggah di TikTok sendiri sejatinya berformar vertikal (portrait).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X