Wireless Air Charging Oppo Bisa Isi Baterai Ponsel Tanpa Harus Menempel

Kompas.com - 24/02/2021, 12:36 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Ajang Mobile World Congress (MWC) Shanghai 2021 digunakan Oppo untuk memamerkan teknologi pengisian baterai bernama Wireless Air Charging di ponsel X 2021.

Ponsel konsepOppo yang memiliki layar gulung itu pun bisa diisi baterainya tanpa memakai kabel. Uniknya, berbeda dari teknologi nirkabel lain, Wireless Air Charging bisa melakukan pengisian tanpa harusmenempelkan atau meletakkan ponsel di permukaan charger.

Baca juga: Teknologi Cas Baterai Cepat VOOC Oppo Kini Bisa Dipakai Vendor Lain

Menggunakan gelombang elektromagnetik untuk menghantar daya, Oppo mengklaim ponsel tersebut masih bisa diisi dayanya meski  permukaan docking dan punggung ponsel berjarak hingga 10 cm. Daya pengisiannya adalah sebesar 7,5 watt.

"Mempersembahkan Wireless Air Charging - tanpa kabel, tanpa charging stand, hanya kebebasan untuk bergerak!" kicau Oppo dalam sebuah tweet berisi video demonstrasi dari teknologi dimaksud.

Oppo bukan satu-satunya pabrikan yang mengembangkan teknologi nirkabel yang mampu melakukan pengisian baterai secara wireless meski terpisah jarak. Sekitar Januari lalu, Xiaomi juga sempat memperkenalkan teknologi serupa yang dinamai "Mi Air Charge".

Teknologi tersebut disematkan dalam Mi Air Charger yang memiliki 114 buah antena untuk memancarkan gelombang daya ke perangkat secara nirkabel dalam bentuk "extremely narrow milimeter-wide wave beam".

Baca juga: Xiaomi Perkenalkan Mi Air Charge, Teknologi Pengisian Baterai lewat Udara

Gelombang ini lantas menembus udara untuk menghantarkan daya sebesar 5 watt ke perangkat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDADevelopers, Rabu (24/2/2021).

Selain perangkat pengisi daya, smartphone yang bersangkutan juga harus dibekali dengan set antena khusus bernama "receiving antenna array" untuk menerima pancaran daya dan "beacon antenna" untuk memancarkan informasi posisi perangkat ke Mi Air Charger.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.