Tingkatkan 4G, Telkomsel Andalkan VoLTE dan Open RAN

Kompas.com - 25/02/2021, 15:31 WIB
Layanan Telkomsel VoLTE TelkomselLayanan Telkomsel VoLTE

KOMPAS.com - Pada tahun 2021 ini, Telkomsel memprediksi pertumbuhan trafik akses broadband akan tetap tinggi.

Untuk itu, Telkomsel menyiapkan sejumlah rencana demi meneruskan pemerataan akses infrastruktur dan kualitas broadband 4G/LTE di seluruh Indonesia.

"Telkomsel akan melanjutkan fokus pada pengembangan cakupan layanan VoLTE, serta mengkaji penerapan teknologi pendukung terbaru seperti Open RAN di Indonesia," kata Direktur Network Telkomsel, Nugroho.

Baca juga: Daftar Ponsel yang Bisa Menelepon VoLTE

Open RAN merupakan teknologi perangkat radio akses yang mengadopsi konsep open interface. Operator pun bisa menggunakan kombinasi perangkat radio seperti radio unit dan base band tanpa terikat pada salah satu merek yang spesifik.

Sementara VoLTE adalah layanan berbasis jaringan 4G LTE yang memungkinkan pelanggan tetap tersambung ke internet (LTE) saat melakukan panggilan telepon, di samping memiliki kualitas suara lebih jernih dibanding voice call lewat jaringan 3G atau 2G GSM.

"Hal ini guna memastikan kesetaraan pengalaman broadband masyarakat terpenuhi,” tambah Nugroho dalam keterangan tertulsi yang diterima KompasTekno, Kamis (25/2/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Nugroho juga mengatakan bahwa Telkomsel akan fokus menambah kapasitas dan kecepatan jaringan, mengingat kondisi pelanggan yang masih menghadapi pandemi Covid-19.

Untuk diketahui, berdasar data analisis Speedtest Global Index, selama periode semester dua tahun 2020, Telkomsel memiliki kecepatan akses broadband tertinggi dengan capaian 22,22 Mbps.

Baca juga: Indonesia Kembangkan Open RAN, Teknologi Seluler Hemat Biaya

Telkomsel juga paling unggul dalam menghadirkan latensi paling rendah, yaitu 33 ms. Catatan tersebut semakin lengkap lantaran Telkomsel mampu menghadirkan performa jaringan paling konsisten, dengan Consistency Score sebesar 83,6 persen.

Selain itu, untuk mendukung kewajiban yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menghadirkan jaringan broaband di wilayah non-3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), yang belum mendapatkan akses internet cepat.

Telkomsel juga berkomitmen untuk menggelar 1500 BTS 4G/LTE sesuai yang diamanatkan oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Telkomsel sendiri hingga kini telah menggelar lebih dari 2.000 BTS di seluruh wilayah 3T hingga perbatasan negara.

"Seluruh kegiatan ini semata-mata untuk menjawab kebutuhan gaya hidup digital pelanggan," pungkas Nugroho.

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.