Mirip Instagram, TikTok Kini Punya Fitur Tanya Jawab di Live Streaming

Kompas.com - 05/03/2021, 14:06 WIB
Ilustrasi TikTok2 India TVNewsIlustrasi TikTok2
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Aplikasi berbagi video pendek TikTok resmi merilis fitur baru bernama Q&A alias tanya-jawab. Fitur ini hadir dalam sesi Live Streaming di aplikasi TikTok.

"Hari ini kami meluncurkan fitur tanya jawab yang memberikan cara baru kepada penonton dan pembuat konten untuk bisa terhubung satu sama lain," kata TikTok dalam situs resminya.

Lewat fitur Q&A, penonton (viewers) dapat mengirimkan pertanyaan seputar konten yang ditayangkan saat Live Streaming berlangsung.

Baca juga: Snack Video dan TikTok Cash Resmi Diblokir

Kolom Q&A terletak di bagian opsi "Comment". Pengguna cukup mengklik ikon berbentuk "Chat Box" kemudian pilih opsi "Ask a Question". Di sana Anda bisa mengirimkan pertanyaan yang nantinya akan dilihat oleh kreator konten tersebut.

Fitur Q&A dalam Live Streaming di aplikasi TikTokTikTok Fitur Q&A dalam Live Streaming di aplikasi TikTok

Jika dilihat dari fungsi dan kegunaannya, fitur ini mirip seperti "Question Box" yang ada di Instagram Stories. Selain lewat Live Streaming, penonton juga dapat mengirimkan pertanyaan di kolom komentar posting video.

Kreator dapat menanggapi pertanyaan tersebut dengan komentar berupa teks atau video. Jawaban itu juga bisa mereka unggah sebagai posting khusus seperti di bawah ini.

Fitur Q&A dalam Live Streaming di aplikasi TikTokKOMPAS.com/ConneyStephanie Fitur Q&A dalam Live Streaming di aplikasi TikTok

Fitur mengaktifkan opsi Q&A hanya berlaku untuk akun kreator konten di TikTok. Anda bisa beralih ke akun "Creator" terlebih dahulu. Kemudian, opsi "Ask a Question" akan muncul apabila Anda sedang melakukan sesi Live Streaming.

Baca juga: Netflix Perkenalkan Fast Laugh, Fitur Video Pendek Mirip TikTok

Untuk beralih ke akun "Creator", Anda cukup mengunjungi halaman Settings and Privacy, lalu pilih "Manage Account", kemudian klik opsi "Switch to Pro Account" di menu Account Control.

Fitur Q&A di aplikasi TikTokKOMPAS.com/ConneyStephanie Fitur Q&A di aplikasi TikTok

Nantinya akan muncul dua opsi akun yaitu Creator dan Business. Anda bisa langsung mengklik opsi "Creator" lalu tekan "Continue". Secara otomatis, akun Anda akan beralih sebagai kreator konten TikTok.

Baca juga: TikTok Tandai Video yang Berpotensi Menyesatkan

Fitur Q&A ini tentu akan semakin meramaikan lini masa TikTok. Apalagi, jika Anda memiliki banyak pengikut dan ingin terus berinteraksi dengan mereka.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Jumat (5/3/2021), fitur ini sudah bisa dicoba oleh pengguna aplikasi TikTok Android versi 18.6.6.



Sumber TikTok
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X