Elon Musk Tidur Tak Kurang dari 6 Jam Sehari, Ini Alasannya

Kompas.com - 09/03/2021, 11:38 WIB
Elon Musk. Elon Musk.

KOMPAS.com - Elon Musk memang diketahui memiliki sederet perusahaan teknologi yang perlu ia kelola setiap harinya. Sebut saja perusahaan mobil listrik Tesla dan perusahaan antariksa SpaceX.

Tak ayal, ia memiliki sederet urusan yang harus ia tangani setiap harinya. Bahkan, pria kelahiran Afrika Selatan itu mengungkapkan bahwa dirinya kerap melakukan rapat hingga pukul satu atau dua dini hari.

"Saya banyak bekerja, bahkan terkadang di hari Sabtu dan Minggu," kata Musk kepada Joe Rogan dalam podcast video "The Joe Rogan Experience".

Baca juga: Ibunda Bercerita Saat Elon Musk Harus Mengulang Tes karena Skornya Ketinggian

Untuk dapat mengejar semua urusannya, Musk terpaksa mempersingkat waktu  istirahat, tapi dia masih bisa tidur selama 6 jam setiap hari. Musk mengatakan bahwa durasi itu ideal baginya.

"Saya mencoba tidur lebih sedikit (dari enam jam), tapi produktivitas saya menurun," kata pria yang memiliki kekayaan bersih mencapai 143,7 milliar dollar AS (sekitar Rp 2.066,8 triliun) ini.

Musk mengungkapkan, di masa lalu atau tepatnya ketika mengembangkan produksi Tesla Model 3, ia pernah menghabiskan waktu 120 jam dalam seminggu hanya untuk bekerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada kalanya, saya hanya akan tidur beberapa jam, bekerja, tidur beberapa jam, bekerja, dalam tujuh hari seminggu," kata Musk kepada Kara Swisher pada November 2018.

Bahkan saking "gila kerja" ketika itu, Musk terkadang tidur di lantai di bawah meja kerjanya di kantor Tesla. Ia mengakui bahwa jadwal kesehariannya itu tidak sehat.

Belakangan Musk mengakui bahwa tidak ada seseorang pun yang boleh menghabiskan waktu 120 jam seminggu hanya untuk bekerja.

Baca juga: Profil Elon Musk, Sarjana Ekonomi Pendiri Tesla dan SpaceX

"Itu tidak disarankan untuk siapa pun. Anda akan menjadi sedikit gila jika bekerja 120 jam seminggu," kata Musk, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Selasa (9/3/2021).

Meski dia tak merasa perlu memejamkan mata lebih lama, waktu istirahat Musk sedikit kurang dari rekomendasi durasi tidur orang dewasa pada umumnya, yakni 7-8 jam sehari.

Beberapa milyarder lainnya memiliki pola tidur yang mirip dengan Musk, sedikit lebih singkat atau lebih lama. Pendiri Virgin Group Richard Branson, misalnya, tidur 5-6 jam per hari. Sementara, pendiri Microsoft Bill Gates dan CEO Amazon Jeff Bezos biasa terlelap 7 jam sehari.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.