Kuota Belajar Kemendikbud Disalurkan Hari Ini, Ini Tanda jika Sudah Terima

Kompas.com - 11/03/2021, 12:20 WIB
Seorang siswa belajar di rumah melalui aplikasi media sosial pada masa tanggap darurat di Gorontalo. Sebagian siswa lain terkendala tidak memiliki telepon seluler dan tidak ada akses internet. KOMPAS.COM/ROSYID A AZHARSeorang siswa belajar di rumah melalui aplikasi media sosial pada masa tanggap darurat di Gorontalo. Sebagian siswa lain terkendala tidak memiliki telepon seluler dan tidak ada akses internet.

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hari ini, Kamis (11/3/2021), mulai menyalurkan kuota bantuan internet untuk belajar tahun 2021.

Sejumlah pelajar mengaku mulai menerima notifikasi bahwa kuota bantuan internet untuk belajar sudah mereka terima. Tandanya, jika kuota internet dari Kemendikbud sudah disalurkan, notifikasi akan muncul di ponsel.

Notifikasi itu bisa berupa SMS atau pop-up screen. Anda juga bisa mengecek apakah kuota bantuan internet untuk belajar dari Kemendikbud sudah masuk atau belum melalui aplikasi masing-masing operator seluler.

Baca juga: Apa Saja yang Bisa Diakses dengan Kuota Belajar Kemendikbud 2021?

Berikut adalah tanda jika kuota bantuan internet untuk belajar sudah diterima, seperti yang dibagikan pelajar yang sudah menerima, melalui jejaring sosial Twitter.

Namun, subsidi kuota internet tahun ini memiliki skema sedikit berbeda dibanding tahun lalu.
Apa saja perbedaan dan berapa besar kuota yang diterima? Berikut rinciannya.

Beda kuota belajar 2021

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, subsidi kuota internet yang disalurkan hanya kuota umum. Sementara untuk kuota belajar ditiadakan.

Menurut Mendikbud Nadiem Makariem, subsidi internet kuota umum lebih fleksibel penggunaannya dibanding kuota belajar, yang hanya bisa mengakses aplikasi tertentu. Padahal, belum tentu digunakan pelajar.

Karena subsidi kuota belajar ditiadakan, maka total besaran subsidi kuota internet juga lebih sedikit dibanding tahun lalu.

Berikut daftar paket bantuan internet untuk belajar Kemendikbud 2021:

  • Peserta didik PAUD (siswa) 7 GB/bulan
  • Peserta didik pendidikan dasar dan menengah (siswa) 10 GB/bulan
  • Pendidik PAUD, pendidikan dasar, dan menengah (guru) 12 GB/bulan
  • Mahasiswa dan dosen 15 GB/bulan

Tidak bisa akses medsos dan game

Meskipun kegunaannya lebih fleksibel, kuota umum tidak bisa digunakan untuk mengakses media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.