Microsoft Siapkan Hadiah Rp 432 Juta untuk Penemu Celah Keamanan Teams

Kompas.com - 29/03/2021, 15:19 WIB
ilustrasi Microsoft wired.comilustrasi Microsoft
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Microsoft Security Response Center (MSRC) mengumumkan program bug bounty baru yang menawarkan sejumlah uang kepada hacker yang berhasil menemukan celah keamanan di layanan telekonferensi Teams.

Iming-iming jumlah hadiahnya mencapai 30.000 dollar AS atau sekitar Rp 432 juta.  Seperti program sejenis dari perusahaan lain, bug bounty ini bertujuan untuk mengindentifikasi masalah sekuriti pada layanan Microsoft Teams serta cara menanggulanginya.

Program Manager MSRC Lynn Miyashita mengatakan tawaran hadiah lewat program bernama Microsoft Applications Bounty Program itu merupakan bagian dari upaya untuk menjaga keamanan Teams, khususnya di sisi aplikasi desktop di perangkat pengguna.

Baca juga: Setahun WFH, Karyawan Kantor Pusat Microsoft Ngantor Lagi Minggu Depan

Karena itu, untuk bisa mengklaim hadiah, celah keamanan yang ditemukan harus bisa didemonstrasikan dan memiliki dampak langsung terhadap sekuriti pengguna Teams di dekstop.

"Kami (Microsoft) dan para peneliti keamanan di seluruh dunia terus bermitra untuk mengutamakan keamanan pelanggan layanan kami. Kami juga berkolaborasi dengan mereka khususnya mengenai teknologi yang kami gunakan," ujar Miyashita.

Microsoft Teams sendiri adalah aplikasi konferensi video yang merupakan bagian dari ekosistem Office 365. Sejak pandemi Covid-19 melanda berbagai negara, layanan ini digunakan untuk aktivitas pekerjaan jarak jauh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Menengok Sejarah Microsoft, dari DOS hingga Windows dan Xbox

Selain untuk keperluan bekerja, kegiatan belajar mengajar juga bisa dilakukan secara online lewat Teams yang memungkinkan para penggunanya saling berbagi dokumen dan mengerjakan suatu tugas bersama-sama secara real-time.

Saat ini baru aplikasi Teams yang tercantum dalam Microsoft Applications Bounty Program. Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Senin (29/3/2021), Microsoft berniat mengikutsertakan aplikasi lain di kemudian waktu.



Sumber Tech Radar
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.