Apple dan Android Adu Banyak Sedot Data Pengguna, Juaranya?

Kompas.com - 02/04/2021, 09:09 WIB
Ilustrasi ponsel, bermain HP. PIXABAY/FREE-PHOTOSIlustrasi ponsel, bermain HP.

KOMPAS.com - Apple selama ini sesumbar jika mereka sangat memprioritaskan data pribadi pengguna. Namun, baik perangkat berbasis Apple iOS dan Android sejatinya sama-sama menghimpun data pengguna.

Hanya saja banyaknya data yang dihimpun berbeda.

Menurut riset yang dilakukan Douglas Leith dari Universitas Trinity College of Dublin, Irlandia Google mengambil data 20 kali lebih banyak dari perangkat Android dibanding apa yang diambil Apple dari perangkat iOS.

Dalam riset ini, Leith menggunakan perangkat Google Pixel 2 yang menjalankan sistem operasi Android 10 dan iPhone 8 yang menjalankan sistem operasi iOS 13.6.1.

Leith menjelaskan bahwa kedua sistem operasi, yakni iOS dan Android, sama-sama mengirimkan data telemetri ke induknya, dalam hal ini Google dan Apple.

Telemetri sendiri merupakan teknologi yang memungkinkan pengukuran jarak jauh dan mengirimkan informasi ke pembuat sistem operasi.

Data tersebut tetap dikirim meskipun pengguna belum log-in ke perangkat maupun ketika pengguna telah melakukan setting di sistem operasi untuk tidak membagikan informasi apapun ke perusahaan.

Android dan iOS juga tetap mengirim data ke induk mereka ketika pengguna melakukan hal sederhana, seperti memasang kartu SIM atau browsing. Saat perangkat tidak dioperasikan, mereka tetap akan terhubung dengan server back-end rata-rata setiap 4,5 menit sekali.

Leith menemukan bahwa aplikasi dan layanan pre-installed atau bawaan juga mengirimkan data sekalipun pengguna tidak membuka atau menggunakan aplikasi tersebut.

Untuk iOS, mereka akan secara otomatis mengirimkan data dari aplikasi Siri, Safari, dan iCloud ke Apple.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X