Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2021, 14:04 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di bulan suci Ramadhan, umat muslim tidak hanya diwajibkan untuk berpuasa saja. Zakat fitrah pun harus dibayarkan sebelum hari raya Idul Fitri tiba.

Tidak hanya zakat fitrah, umat muslim juga berkewajiban membayar zakat di waktu-waktu tertentu. Besaran zakat pun berbeda, tergantung jenis zakat yang ingin dibayarkan.

Tidak perlu pusing bagaimana cara menghitung zakat yang harus dibayarkan. Sebab, berkat kemajuan teknologi penghitungan zakat bisa dilakukan lebih mudah.

Baca juga: Bayar Zakat Online Bisa Lewat Tokopedia

Ada beberapa aplikasi hitung zakat yang bisa digunakan untuk mengkalkulasi besaran zakat berdasarkan jenisnya, berikut beberapa aplikasi kalkulator zakat yang bisa diunduh di platform Android.

1. KitaBisa

Fitur hitung zakat atau kalkulator zakat di aplikasi KitaBisa.Ist Fitur hitung zakat atau kalkulator zakat di aplikasi KitaBisa.

Platform crowdfunding online ini dikenal sebagai saluran penggalangan dana bagi masyarakat Indonesia. Namun, aplikasi ini juga memiliki fitur kalkulator zakat untuk menghitung besaran zakat yang harus dibayar.

Caranya mudah, cukup buka aplikasi Kitabisa atau situs web kitabisa.com. Kemudian pilih menu zakat > kalulator > pilih jenis zakat yang ingin dibayarkan, apakah zakat maal, zakat profesi, atau zakat fitrah.

Isi masing-masing kolom dengan lengkap untuk melakukan penghitungan. Dari fitur ini pula, pengguna bisa melakukan bayar zakat online dengan mudah. Aplikasi KitaBisa dapat diunduh di Play Store melalui tautan berikut ini.

2. Tokopedia

Fitur hitung zakat atau kalkulator zakat di aplikasi Tokopedia.Ist Fitur hitung zakat atau kalkulator zakat di aplikasi Tokopedia.

Startup unicorn Indonesia ini tidak hanya memiliki layanan e-commerce saja. Tokopedia juga memiliki fitur zakat yang memudahkan penggunanya menghitung zakat dan membayarkannya langsung dari aplikasi Tokopedia.

Fitur ini bisa ditemukan dengan membuka aplikasi Tokopedia > lihat semua > zakat > pilih jenis zakat yang dikehendaki, apakah zakat maal atau zakat fitrah.

Untuk menghitung zakat maal, pilih opsi "hitung zakat" dan isi semua kolom yang diperlukan untuk melakukan penghitungan zakat.

Setelah muncul nominal zakat yang harus dibayar, pengguna bisa langsung menunaikan zakat lewat aplikasi Tokopedia. Aplikasi Tokopedia bisa diunduh di Play Store lewat tautan berikut ini.

3. Zakatpedia

Aplikasi bayar dan hitung zakat, Zakatpedia.Ist Aplikasi bayar dan hitung zakat, Zakatpedia.

Zakatpedia adalah aplikasi hitung dan pembayaran zakat, infaq, dan sedekah online yang dikelola oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS). Aplikasi berukuran 8,3 MB ini telah diunduh lebih dari 5.000 kali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com