Kompas.com - 06/05/2021, 13:03 WIB
Tampilan lama cuplikan foto di Twitter dengan rasio 16:9 (kiri) dan tampilan baru cuplikan foto di Twitter dengan ukuran penuh (kanan). TwitterTampilan lama cuplikan foto di Twitter dengan rasio 16:9 (kiri) dan tampilan baru cuplikan foto di Twitter dengan ukuran penuh (kanan).

KOMPAS.com - Twitter akhirnya resmi menggulirkan cara baru untuk melihat cuplikan foto di lini masa penggunanya. Foto kini akan ditampilkan secara penuh.

Sebelumnya, cuplikan (preview) foto yang ada di linimasa Twitter terpotong dengan rasio 16:9, kini pengguna bisa melihat foto di linimasa dalam ukuran penuh.

Pembaruan ini telah hadir di aplikasi Twitter versi mobile, baik untuk platform iOS maupun Android. Sementara untuk versi web atau desktop, masih menampilkan rasio lama. Sebelumnya, fitur ini telah diuji coba sejak Maret lalu.

Baca juga: Twitter Beli Scroll, Layanan Baca Berita Tanpa Iklan

Sebelumnya, cuplikan foto dengan rasio 16:9 di linimasa Twitter sempat menimbulkan kontroversi, karena diduga cenderung rasis, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Engadget, Kamis (6/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Entah bagaimana algoritma Twitter bekerja, beberapa orang mendapati bahwa wajah orang kulit putih lebih dominan muncul di cuplikan foto, ketimbang orang dengan warna kulit lainnya.

Baca juga: Twitter Bisa Buka dan Unggah Gambar 4K dari Ponsel, Begini Caranya

Namun, beberapa pengguna lain justru senang dengan cuplikan foto rasio 16:9, dan kerap membuat lelucon atau hiburan bertajuk "buka untuk kejutan", di mana pengikut (followers) akan dipancing dengan foto "menarik" di cuplikan, untuk menebak-nebak bagaimana foto utuhnya.

Seringnya, antara interpretasi foto cuplikan dan foto utuh bisa sangat berbeda. Selain menampilan cuplikan foto dalam ukuran penuh, saat ini Twitter juga memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto beresolusi 4K.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.