Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Jet Dassault Falcon 10X Meluncur, Terbesar dan Terjauh di Kelasnya

Kompas.com - 09/05/2021, 14:15 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan pesawat jet Dassault Aviation meluncurkan jet Falcon 10X, yang memberikan tingkat kenyamanan, keserbagunaan, dan teknologi yang lebih tinggi. 

Pesawat Falcon 10X memiliki jangkauan 7.500 mil laut, dan bisa menempuh penerbangan nonstop dari New York ke Shanghai, Los Angeles ke Sydney, Hong Kong ke New York, atau Paris ke Santiago, dengan kecepatan tertinggi Mach 0,925.

"Falcon 10X menawarkan pengalaman yang tak tertandingi dalam penerbangan durasi pendek dan panjang, bersama dengan terobosan fitur keselamatan dari teknologi tempur garis depan Dassault," ujar CEO Dassault Eric Trappier.

Baca juga: Jet Pribadi Falcon 8X Ditawarkan Mulai Rp 762 Miliar

"Kami telah mengoptimalkan setiap aspek pesawat dengan mengutamakan kebutuhan penumpang, dan menetapkan tingkat kemampuan baru untuk pesawat jarak jauh," lanjut Trappier dikutip KompasTekno dari situs Dassault Aviation, Minggu (9/5/2021).

Berbeda dari generasi pendahulunya, Falcon 10X memiliki kabin terbesar dan ternyaman di pasaran dan menawarkan modularitas yang lebih besar daripada pesawat lain di kelasnya, dengan pilihan konfigurasi interior.

Kabin pesawat Dassault Falcon 10X menjadi yang terlebar dan tertinggi di kelasnya.Dassault Falcon Kabin pesawat Dassault Falcon 10X menjadi yang terlebar dan tertinggi di kelasnya.

Falcon 10X memiliki penampang kabin yang lebih besar dari beberapa jet regional. Kabinnya akan memiliki tinggi 2,03 m dan lebar 2,77 m, menjadikannya lebih lebar 20 cm dan lebih tinggi 5 cm dibandingkan pesawat jet bisnis terlebar dan tertinggi saat ini.

Dengan struktur dan material baru, tekanan kabin di pesawat Falcon 10X akan menjadi yang terbaik di pasar. Penumpang akan merasakan tekanan kabin setara di ketinggian 3.000 kaki saat terbang di ketinggian 41.000 kaki.

Di sektor mesin, Falcon 10X didukung mesin Rolls Royce Pearl 10X, mesin versi terbaru, terbesar dan paling kuat dari seri Pearl, memberikan daya dorong lebih dari 18.000 pon.

Kokpit Dassault Falcon 10X dengan fitur layar sentuh dan Head Up Display (HUD).Dassault Falcon Kokpit Dassault Falcon 10X dengan fitur layar sentuh dan Head Up Display (HUD).

Kokpit Falcon 10X juga menggunakan dek penerbangan baru yang intuitif, dengan layar sentuh di seluruh kokpit.

Baca juga: Indonesia Disebut Berminat Beli 48 Jet Tempur Dassault Rafale

Sistem kontrol penerbangan digitalnya diturunkan langsung dari teknologi militer terbaru Dassault, yang diklaim memberikan tingkat presisi dan perlindungan terbang yang belum pernah ada sebelumnya, termasuk mode pemulihan manuver pesawat dengan satu tombol.

Terdapat pula teknologi penginderaan FalconEye yang dikombinasikan dengan dual HUD (Head Up Display), membuat Falcon 10X bisa terbang dengan kondisi zero ceiling/visibility.

Dassault Aviation menargetkan pesawat jet Falcon 10X akan mulai beroperasi pada akhir 2025 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com