Realme 8 5G Segera Masuk Indonesia, Dijanjikan Jadi Ponsel 5G "Termurah"

Kompas.com - 08/06/2021, 16:28 WIB
Realme 8 Pro varian Infinite Blue fonearenaRealme 8 Pro varian Infinite Blue

KOMPAS.com - Pada awal April lalu, Realme baru saja menelurkan dua smartphone anyarnya, yaitu Realme 8 dan Realme 8 Pro di Indonesia.

Realme kini berniat menghadirkan model lain dari lini Realme 8 yang sudah mendukung konektivitas jaringan 5G, yaitu Realme 8 5G, dalam waktu dekat. Rencana ini diungkap oleh Palson Yi selaku Marketing Director Realme Indonesia.

"Realme sepenuhnya siap menjadi vendor yang mempopulerkan 5G. Perangkat kami yang akan segera dirilis ialah Realme 8 5G," ungkap Yi, dalam acara bertajuk Realme 5G Summit Indonesia yang disiarkan secara online, hari ini, Selasa (8/6/2021).

Yi mengklaim Realme 8 5G akan menjadi smartphone 5G paling murah di Indonesia, tapi dia belum mau mengungkap harga dari ponsel tersebut.

Baca juga: Spesifikasi serta Harga Realme 8 dan Realme 8 Pro di Indonesia

Yi hanya memberikan kisi-kisi bahwa harga Realme 8 5G akan lebih "murah", dibandingkan harga pasaran smartphone 5G yang biasanya berkisar di atas Rp 5 juta.

"Harga pasaran ponsel 5G masih di atas Rp 5 juta, dan sejauh ini yang paling murah mungkin masih di atas Rp 3,5 juta. Kalau kami ingin menjadi ponsel 5G termurah, berapa harganya?," kata Yi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai perbandingan, pada saat peluncurannya April lalu, Realme 8 dijual seharga Rp 3,6 juta di Indonesia. Sementara, Realme 8 Pro yang memiliki spesifikasi lebih canggih dihargai Rp 4,5 juta.

Realme bakal luncurkan ponsel Realme 8 5G dalam waktu dekat.YouTube/ Realme Indonesia Realme bakal luncurkan ponsel Realme 8 5G dalam waktu dekat.

Janji kecepatan internet 2,77 Gbps

Selain menggoda penggemar dengan harga "termurah", Yi juga telah membocorkan bahwa Realme 8 5G ini menggunakan System-on-Chip MediaTek Dimensity 700 5G dengan proses fabrikasi 7nm.

Baca juga: Ponsel Oppo yang Bisa Terhubung Jaringan 5G Telkomsel

Model 5G di SoC tersebut diklaim bisa menghasilkan kecepatan internet (downlink) hingga 2,77 Gbps. Dimensity 700 5G juga mendukung refresh rate 90 Hz, berikut sensor kamera utama 48 MP atau 64 MP, serta mode pemotretan AI-bokeh, AI-color, dan AI-beauty.

Dari situ dapat diduga bahwa Realme 8 5G setidaknya akan memiliki fitur-fitur seperti tersebut di atas. 

Sayangnya, Yi tidak memberikan bocoran spesifikasi lainnya dari ponsel 5G yang diklaim paling murah itu. Namun, dari segi desain, tampaknya Realme 8 versi 5G akan serupa dengan dua saudaranya yang telah dirilis lebih dahulu.

Saat ditanya soal tanggal perilisan, Yi hanya menggoda penggemar dengan menjawab singkat. "Sebentar lagi," katanya, sambil menambahkan bahwa ponsel tersebut saat ini sedang melakukan uji coba jaringan 5G dengan operator seluler Smartfren. 

Baca juga: Ponsel Realme Belum Ada yang Mendukung 5G di Indonesia

Soal dukungan pita jaringan 5G, KompasTekno sudah mencoba mengonfirmasi apakah Realme 8 5G ini sudah akan mendukung band n40 atau belum. Kendati demikian, hingga berita ini ditulis belum ada jawaban dari Realme.

Dukungan perangkat pada pita n40 di frekuensi 2.300 MHz ini menjadi persyaratan mendasar agar suatu ponsel bisa menikmati layanan 5G di Indonesia seperti yang sudah mulai digelar oleh Telkomsel.

Baca juga: Lokasi, Harga Paket, Daftar Ponsel, dan Syarat Pemakaian Internet 5G Telkomsel



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.