Twitch, Amazon, hingga Reddit Sempat Tak Bisa Diakses

Kompas.com - 08/06/2021, 18:31 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah situs dan layanan online populer mendadak mengalami gangguan secara bersamaan pada sore ini, Selasa (8/6/2021), di antaranya Twitch, Amazon, Reddit, Spotify, hingga portal berita seperti The New York Times.

Pantauan KompasTekno di DownDetector, situs-situs dan layanan online tersebut mulai banyak dilaporkan mengalami gangguan mulai sekitar pukul 16.30 WIB. Keluhan memuncak sekitar pukul 17.00 WIB.

KompasTekno sempat tidak bisa membuka situs Twitch, Quora, dan Reddit. Tampilan laman tidak bisa dimuat dan hanya menampilkan pesan singkat berbunyi "connection failure" atau "Error 503 Service Unavailable".

Baca juga: Mengenal Jaringan Kabel Bawah Laut, Jalan Tol Internet Dunia

Keluhan down di DownDetector berangsur menurun setelah pukul 17.00 WIB. Kini ssebagian dari situs-situs tadi sudah bisa diakses kembali.

Penyebab dari gangguan ini diketahui berasal dari pemadaman pada layanan content delivery network (CDN) milik penyedia layanan cloud yang berbasis di AS, Fastly.

CDN merupakan jaringan distribusi yang berfungsi untuk menyimpan cache data website di server regional sehingga bisa diakses dengan lebih cepat.

Baca juga: Harapan Bapak Internet pada Ulang Tahun Ke-32 World Wide Web

Namun, karena adanya pemadaman, Fastly tak bisa dalam menyediakan layanan kepada para kliennya. Hal ini mengakibatkan tumbangnya sejumlah situs yang mengandalkan layanan Fastly.

Dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (8/6/2021), meski relatif tak lama, gangguan interent kali ini terjadi secara global dan berdampak luas. Bahkan situs web pemerintah Inggris juga sempat terganggu. 

Di situsnya, Fastly mengakui bahwa memang terjadi gangguan yang berlangsung selama lebih kurang 45 menit sebelum akhirnya berhasil diperbaiki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.