Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Ponsel Jadi Remote TV, Pakai 5 Aplikasi Ini

Kompas.com - 19/06/2021, 10:03 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Remote TV merupakan perangkat tambahan yang sering disertakan pada paket pembelian, ketika Anda membeli perangkat televisi.

Alat ini berfungsi untuk mengendalikan aktivitas/interaksi dengan TV, mulai dari mengganti saluran, mengatur volume suara, hingga menghidupkan atau mematikan TV.

Namun, kadang kala remote TV sulit ditemukan saat sedang dibutuhkan. Karena bentuknya yang terbilang kecil, remote TV acap kali terselip di balik sofa atau terjatuh di suatu tempat.

Kabar baiknya, pengguna tak lagi harus bergantung pada remote TV. Hanya dengan bermodalkan sebuah aplikasi, pengguna kini dapat membuat ponsel/hp jadi remote TV.

Baca juga: Android Oppo Bisa Gantikan Remote TV dan AC

Terdapat banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk jadikan smartphone, ponsel, atau hp jadi remote TV, mulai dari Android TV Remote Control, Mi Remote, Google Home, Roku, hingga Universal TV remote.

Deretan aplikasi tersebut juga dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Untuk mengetahui cara membuat hp jadi remote TV, silakan coba salah satu aplikasi di bawah ini.

Mi Remote

Cara mengendalikan TV menggunakan aplikasi Mi Remote.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara mengendalikan TV menggunakan aplikasi Mi Remote.

Mi Remote adalah aplikasi yang dikembangkan oleh vendor smartphone Xiaomi. Fungsi dari Mi Remote terbilang cukup lengkap karena bisa mengendalikan hampir semua jenis TV.

Aplikasi yang satu ini bahkan turut bisa digunakan untuk menjalankan beragam perangkat elektronik lainnya, seperti Set-top box, AC, kipas angin, DVD player, projector, dan masih banyak lagi.

Untuk mengendalikan TV, cukup tekan tombol tambah (+) yang terletak di pojok kiri atas aplikasi. Selanjutnya, pilih opsi "TV" dan pilih merk TV yang ingin dikendalikan.

Apabila TV sudah dalam keadaan menyala, tekan tombol "On" dan arahkan ponsel ke arah TV. Tekan tombol yang ada pada aplikasi untuk menghubungkan ke TV.

Baca juga: Samsung Perkenalkan Remote Televisi Tenaga Surya

Namun jika TV sedang dinon-aktifkan, pilih tombol "No". Klik tombol "Power" yang ada pada aplikasi hingga TV berada dalam keadaan menyala.

Pada umumnya, aplikasi Mi Remote sudah terpasang secara otomatis pada ponsel Xiaomi. Namun, aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan pada ponsel lainnya.

Hanya saja, Mi Remote tidak mendukung perangkat iOS sehingga hanya dapat digunakan untuk pengguna Android saja. Mi Remote dapat diunduh melalui tautan berikut ini.

Download Mi Remote

Google Play Store (Android)

Android TV Remote Control

Aplikasi Android TV Remote ControlAndroid Authority Aplikasi Android TV Remote Control

Android TV Remote Control merupakan aplikasi remote yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini dapat digunakan secara khusus untuk perangkat Android TV.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com