Kompas.com - 11/01/2021, 15:37 WIB
Eco Remote Control, remote TV bertenaga surya bikinan Samsung Chris Welch/The VergeEco Remote Control, remote TV bertenaga surya bikinan Samsung

KOMPAS.com - Selain memperkenalkan televisi baru buatan perusahaan, Samsung juga membawa terobosan baru dengan menciptakan sebuah remote televisi (TV) bertenaga surya.

Perangkat bernama Eco Remote Control ini memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan remote TV bikinan Samsung pada umumnya. Remote tersebut memiliki sejumlah tombol kontrol dan shortcut.

Perbedaan terlihat pada bagian belakang remote tersebut. Alih-alih ditenagai baterai, remote ini dapat diisi ulang menggunakan panel surya. Panel ini dapat ditemukan di bagian belakang remote.

Dengan teknologi tersebut, Samsung mengklaim dapat mengurangi jumlah limbah plastik yang dihasilkan setiap tahunnya.

Baca juga: Ini Beda Smart Monitor Samsung dengan Monitor Konvensional

Eco Remote Control memiliki bobot seberat 31 gram dan terbuat dari plastik, di mana 28 persen dari materialnya berasal dari plastik polyethylene terephthalate yang didaur ulang.

Meski mengandalkan panel surya, Eco Remote Control dari Samsung dibekali dengan port USB Type-C sebagai alternatif pengisian daya, jika pengguna ingin mengisi baterai dengan lebih cepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Remote "ramah lingkungan" ini diklaim dapat bertahan selama dua tahun pemakaian dalam satu kali pengisian daya.

Sementara usia baterainya diklaim bisa digunakan selama hampir tujuh tahun lamanya, mengikuti siklus rata-rata penggunaan televisi.

Dikutip KompasTekno dari halaman Samsung Newsroom, Senin (11/11/2021), remote dengan panel surya ini akan hadir menyertai produk televisi Samsung yang dipasarkan pada 2021.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy S21 Lebih Murah dari Galaxy S20?

"Ini akan membantu mencegah pemborosan 99 juta baterai AAA yang diproyeksikan selama tujuh tahun," tulis Samsung.

Selain remote bertenaga surya, dalam rangka menjaga lingkungan, Samsung juga melanjutkan upayanya dengan menghadirkan kotak kemasan (packaging) produk yang ramah lingkungan.

"Samsung menawarkan solusi berkelanjutan yang dapat mendaur ulang hingga 200.000 ton limbah kardus TV per tahun dan mengubahnya menjadi dekorasi rumah," lanjut Samsung.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S21, Bisa Dipesan di Indonesia Minggu Depan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.