Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GTA Online PS3 dan Xbox 360 Ditutup Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 18/06/2021, 17:07 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengembang game Grand Theft Auto (GTA), Rockstar Games, baru-baru ini mengumumkan rencana penutupan layanan game daring GTA Online di konsol PlayStation 3 (PS3) dan Xbox 360.

Melalui laman resminya, Rockstar Games menjelaskan bahwa pihaknya akan menutup layanan GTA Online akhir tahun ini, tepatnya pada 16 Desember 2021.

"GTA Online pada PlayStation 3 dan Xbox 360 termasuk situs pelacakan statistik yang diakses melalui Rockstar Games Social Club, akan secara resmi ditutup pada 16 Desember 2021," tulis Rockstar Games.

Baca juga: Buruan Beli, Game PS4 Ini Dijual Rp 1.000 Khusus di Indonesia

Langkah penutupan ini diikuti oleh diberhentikannya opsi pembelian Shark Cash Cards di PS3 dan Xbox 360 mulai 15 September mendatang.

Sebagai informasi, Shark Cash Cards merupakan sebuah alat transaksi yang tersedia di GTA Online. Dengan menggunakan kartu ini, pemain dapat membeli beragam item yang tersedia di dalam game.

Lalu pada 16 September 2021, Rockstar Games juga akan menyetop dukungan pada fitur "Stat Tracking" di Rocstar Games Social Club.

Tidak hanya berlaku pada GTA Online saja, fitur "Stat Tracking" juga tidak lagi akan tersedia di game L.A Noire dan Max Payne 3 di hari yang sama.

Pemain Max Payne 3 juga tidak lagi dapat mengakses fitur leaderboard dan mode multiplayer, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi Rockstar Games, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Epic Games Gratiskan Game Genshin Impact dan Control

Meski ditutup, namun, pihak Rockstar Games menegaskan bahwa penutupan ini hanya berlaku secara untuk GTA Online di PS3 dan Xbox 360 saja.

Dengan menghentikan dukungan pada layanan GTA Online di PS3 dan Xbox 360, Rockstar Games bermaksud untuk mengalihkan fokus mereka ke konsol next-gen, seperti PS5 dan Xbox Series X/S.

Hal ini terkait upaya peluncuran game GTA V dan GTA Online ke PS5 dan Xbox Series X/S, yang rencananya akan resmi dilakukan menjelang akhir tahun 2021.

Upaya ini agaknya juga menjadi cara untuk mendorong pemain PS3 dan Xbox 360 untuk beralih ke konsol yang lebih modern, seperti PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, dan PC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com