Apple Disebut Tak Lagi Produksi iPhone 12 Mini

Kompas.com - 22/06/2021, 09:58 WIB
Apple umumkan iPhone 12 dan iPhone 12 mini versi ungu. The VergeApple umumkan iPhone 12 dan iPhone 12 mini versi ungu.

KOMPAS.com - Apple akan segera merilis seri iPhone 13 tahun ini. Jelang peluncuran lini baru, ada model lama yang harus pensiun. Menurut laporan dari TrendForce, Apple menyetop produksi iPhone 12 Mini mulai kuartal II-2021 atau yang berakhir pada Juni ini.

Bukan karena modelnya sudah usang, mengingat iPhone 12 Mini baru dirilis tahun 2020 lalu bersama model iPhone 12 series lain. Produksi iPhone 12 Mini disetop karena penjualannya dinilai kurang memuaskan.

Laporan TrendForce mengungkap bahwa penjualan iPhone 12 Mini paling rendah dibanding model iPhone 12 lainnya. Hal itu membuat Apple akan fokus untuk menggenjot penjualan model iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Baca juga: Inikah Tampang iPhone 13 yang Meluncur Tahun Ini?

Sayangnya, TrendForce tidak merinci berapa penjualan iPhone 12 Mini. Namun, menurut laporan Counterpoint Research, pada kuartal I-2021, iPhone 12 Mini hanya menyumbang lima persen dari total penjualan Apple.

Khusus di Amerika Serikat, yang notabene salah satu pasar terbesar Apple, iPhone 12 Mini hanya menyumbang enam persen dari total penjualan iPhone 12 selama periode Oktober-November 2020 menurut laporan Consumer Intelligence Research Partners.

Model paling laris adalah iPhone12 yang menyumbang angka 27 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Grafik penjualan iPhone periode bulan Oktober-November 2020 di Amerika Serikat menurut Consumer Intelligence Research Partners.Consumer Intelligence Research Partners/Mac Rumors Grafik penjualan iPhone periode bulan Oktober-November 2020 di Amerika Serikat menurut Consumer Intelligence Research Partners.
TrendForce memperkirakan penjualan seluruh lini iPhone 12 menyumbang 39 persen dari total volume produksi tahunan Apple di tahun 2021. Kendati disetop, masih ada sisa stok unit iPhone 12 Mini di pasaran yang akan dijual hingga bulan Agustus mendatang.

Saat ini, iPhone 12 Mini masih dijual di situs resmi Apple.com, termasuk di distributor resmi Apple di Indonesia seperti iBox. Hanya saja tinggal tersedia beberapa varian memori dan warna saja.

Berakhirnya produksi iPhone 12 Mini menguatkan laporan yang dirilis oleh J.P Morgan bulan Februari lalu, di mana catatan itu menyebut Apple berencana menghentikan beberapa produksi di kuartal ini.

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (22/6/2021), Apple belum mengonfirmasi hal ini. iPhone 12 Mini kemungkinan akan berhenti produksi secara resmi pada bulan September, berdekatan dengan peluncuran lini iPhone 13.

Baca juga: Pengguna iPhone Kini Bisa Nonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain

Kabarnya, produksi model iPhone 12 lain yakni iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max juga disebut akan ikut disetop. Begitu pula dengan iPhone XR.

Kemungkinan, penjualan iPhone 12 Mini yang kurang memuaskan membuat Apple akan berpikir ulang untuk menjual perangkat dengan desain layar mungil. Kabarnya, Apple akan mengganti model iPhone 5,4 inci seperti yang dimiliki iPhone 12 Mini, dengan iPhone flagship yang lebih murah di tahun 2022.

Menurut rumor, flagship murah tersebut adalah iPhone 14 Max yang akan memiliki layar jauh lebih luas yakni 6,7 inci.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X