Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Disebut Tak Lagi Produksi iPhone 12 Mini

Kompas.com - 22/06/2021, 09:58 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple akan segera merilis seri iPhone 13 tahun ini. Jelang peluncuran lini baru, ada model lama yang harus pensiun. Menurut laporan dari TrendForce, Apple menyetop produksi iPhone 12 Mini mulai kuartal II-2021 atau yang berakhir pada Juni ini.

Bukan karena modelnya sudah usang, mengingat iPhone 12 Mini baru dirilis tahun 2020 lalu bersama model iPhone 12 series lain. Produksi iPhone 12 Mini disetop karena penjualannya dinilai kurang memuaskan.

Laporan TrendForce mengungkap bahwa penjualan iPhone 12 Mini paling rendah dibanding model iPhone 12 lainnya. Hal itu membuat Apple akan fokus untuk menggenjot penjualan model iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Baca juga: Inikah Tampang iPhone 13 yang Meluncur Tahun Ini?

Sayangnya, TrendForce tidak merinci berapa penjualan iPhone 12 Mini. Namun, menurut laporan Counterpoint Research, pada kuartal I-2021, iPhone 12 Mini hanya menyumbang lima persen dari total penjualan Apple.

Khusus di Amerika Serikat, yang notabene salah satu pasar terbesar Apple, iPhone 12 Mini hanya menyumbang enam persen dari total penjualan iPhone 12 selama periode Oktober-November 2020 menurut laporan Consumer Intelligence Research Partners.

Model paling laris adalah iPhone12 yang menyumbang angka 27 persen.

Grafik penjualan iPhone periode bulan Oktober-November 2020 di Amerika Serikat menurut Consumer Intelligence Research Partners.Consumer Intelligence Research Partners/Mac Rumors Grafik penjualan iPhone periode bulan Oktober-November 2020 di Amerika Serikat menurut Consumer Intelligence Research Partners.
TrendForce memperkirakan penjualan seluruh lini iPhone 12 menyumbang 39 persen dari total volume produksi tahunan Apple di tahun 2021. Kendati disetop, masih ada sisa stok unit iPhone 12 Mini di pasaran yang akan dijual hingga bulan Agustus mendatang.

Saat ini, iPhone 12 Mini masih dijual di situs resmi Apple.com, termasuk di distributor resmi Apple di Indonesia seperti iBox. Hanya saja tinggal tersedia beberapa varian memori dan warna saja.

Berakhirnya produksi iPhone 12 Mini menguatkan laporan yang dirilis oleh J.P Morgan bulan Februari lalu, di mana catatan itu menyebut Apple berencana menghentikan beberapa produksi di kuartal ini.

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (22/6/2021), Apple belum mengonfirmasi hal ini. iPhone 12 Mini kemungkinan akan berhenti produksi secara resmi pada bulan September, berdekatan dengan peluncuran lini iPhone 13.

Baca juga: Pengguna iPhone Kini Bisa Nonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain

Kabarnya, produksi model iPhone 12 lain yakni iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max juga disebut akan ikut disetop. Begitu pula dengan iPhone XR.

Kemungkinan, penjualan iPhone 12 Mini yang kurang memuaskan membuat Apple akan berpikir ulang untuk menjual perangkat dengan desain layar mungil. Kabarnya, Apple akan mengganti model iPhone 5,4 inci seperti yang dimiliki iPhone 12 Mini, dengan iPhone flagship yang lebih murah di tahun 2022.

Menurut rumor, flagship murah tersebut adalah iPhone 14 Max yang akan memiliki layar jauh lebih luas yakni 6,7 inci.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com