Ingin Tahu TV Anda Sudah Digital atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

Kompas.com - 21/06/2021, 15:08 WIB
ilustrasi smart TV The Vergeilustrasi smart TV

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mulai menyetop siaran analog (Analog Switch Off/ASO) secara bertahap, dan beralih ke siaran digital.

Pelaksanaan ASO rencananya dimulai paling lambat pada 17 Agustus 2021, dan ditargetkan akan rampung pada November 2022 mendatang.

Agar tetap dapat menikmati siaran, televisi yang digunakan harus bisa menangkap siaran digital.

Nah, sebelum migrasi siaran TV analog dilakukan, ada baiknya masyarakat memastikan bahwa perangkat televisi mereka sudah mendukung siaran digital.

Berikut ini cara mengetahui apakah televisi Anda bisa menerima siaran TV digital atau tidak.

1. Lihat stiker yang tertera

Anda bisa melihat stiker yang menempel di bagian bodi belakang layar. Jika sudah mendukung siaran TV digital, akan tertera stiker yang bertuliskan ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Integrated Digital Tuner, atau Digital Receiver.

Apabila Anda menemukan salah satu stiker yang telah disebutkan tadi, artinya TV Anda sudah bisa menerima siaran digital.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu dicatat, penempatan stiker yang dimaksud tentunya akan berbeda-beda sesuai dengan merek TV masing-masing.

Baca juga: Cara Mengubah TV Biasa Menjadi TV Digital

2. Cek spesifikasi TV secara manual

Jika tidak menemukan stiker yang menandakan dukungan siaran TV digital, Anda bisa memastikan kembali dengan cara menghubungi toko di mana Anda membeli perangkat tersebut atau melihat spesifikasi selengkapnya di situs resmi.

Untuk mengecek spesifikasinya, Anda cukup memasukkan nomor model televisi Anda di halaman resmi merek TV yang bersangkutan.

Halaman:


Sumber Techwalla
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X