Facebook Rilis Platform Buletin, Penulis Bisa Dapat Uang

Kompas.com - 30/06/2021, 11:02 WIB
ilustrasi Facebook News Feed slashgear.comilustrasi Facebook News Feed

KOMPAS.com - Facebook mengumumkan layanan terbaru miliknya yakni Bulletin. Sesuai dengan namanya, Bulletin memungkinkan para penulis untuk menerbitkan buletin secara gratis maupun berbayar.

Facebook mengatakan, hal ini merupakan bentuk dukungan kepada para penulis dan penerbit. Melalui platform ini, tulisan yang nantinya akan diunggah secara langsung ke situs web, dikirim ke email pelanggan, atau dibagikan lewat Facebook.

Facebook mengatakan bahwa pihaknya tidak akan mengambil pendapatan sepersen pun dari penulis.

Facebook juga menegaskan bahwa karya yang nantinya dimuat di platform tersebut, akan tetap sepenuhnya menjadi hak milik penulis. Artinya, penulis memiliki kendali penuh atas karya yang mereka buat.

Jejaring sosial bernuansa biru itu berharap bahwa dengan hadirnya platform ini, para penulis dapat tumbuh dan membangun hubungan yang lebih baik dengan para pembacanya.

Baca juga: Fasilitasi Penulis, Twitter Akuisisi Platform Penerbit Buletin Revue

"Platform baru ini (Bulletin) berfokus pada pemberdayaan penulis secara independen, membantu mereka menjangkau audiens baru, dan memperkuat bisnis mereka," kata CEO Facebook, Mark Zuckerberg dalam sebuah pernyataan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk tahap awal, Facebook telah bekerja sama dengan sejumlah nama penulis kenamaan, di antaranya adalah Malcolm Gladwell, Tan France, dan Erin Andrews. Topik yang disajikan pun bervariasi, mulai dari olahraga, keuangan, sains, hingga kedokteran.

Menurut Zuckerberg, Facebook Bulletin ini juga berpotensi menjadi ladang monetisasi baru bagi para pekerja kreatif.

"Tujuan kami (Facebook) adalah mendukung jutaan orang khususnya mereka yang terjun di industri kreatif," kata Zuckerberg.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (30/6/2021), saat ini, Facebook Bulletin belum membuka sesi pendaftaran untuk para penulis secara umum.

Baca juga: Harga Saham Menghijau, Facebook Jadi Perusahaan 1 Triliun Dollar AS

Namun, dalam beberapa waktu ke depan, Facebook berencana akan menambah jumlah penulis lebih banyak lagi.

Facebook Bulletin bisa dibilang mirip seperti Substack. Platform newsletter ini telah digunakan oleh sejumlah penulis ternama, seperti Glenn Greenwald dan Anne Helen Petersen, dan lainnya.

Sebelumnya, Twitter juga telah mengakuisisi platform buletin asal Belanda, Revue. Kendati begitu, Twitter belum mengumumkan kapan platform ini akan diintegrasikan ke layanannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.