Google Luncurkan Tab Khusus Aplikasi Anak di Play Store

Kompas.com - 30/06/2021, 19:01 WIB
Tampilan tab kids di Google Play Store yang baru diluncurkan Google. Berisi aplikasi-aplikasi untuk anak yang sudah ditinjau dan disetujui oleh pengajar. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoTampilan tab kids di Google Play Store yang baru diluncurkan Google. Berisi aplikasi-aplikasi untuk anak yang sudah ditinjau dan disetujui oleh pengajar.

KOMPAS.com - Pada Februari lalu, Google meluncurkan riset yang menggambarkan tiga kekhawatiran terbesar yang dialami orang tua, terkait meningkatnya penggunaan internet oleh anak-anak di masa pandemi.

Salah satu kekhawatiran itu ialah soal konten yang dikonsumsi oleh anak-anak. Orangtua disebutkan khawatir apakah anak-anak mereka melihat konten-konten yang tidak pantas dan tidak sesuai umur mereka di internet, ataupun di aplikasi tertentu.

Nah, Google selaku penyedia berbagai layanan berbasis internet, selain meluncurkan aplikasi Family Link dan YouTube Kids, kini juga meluncurkan tab khusus anak-anak (Kids) di toko aplikasi Google Play Store.

Baca juga: Aplikasi YouTube Kids Akhirnya Tersedia untuk Indonesia

"Tab "kids" ini khusus berisi aplikasi-aplikasi tertentu yang sudah ditinjau oleh pengajar (guru)," ungkap Marketing Director Google Indonesia, Filipina, dan SEA, Veronica Utami di acara press briefing online, Kamis (30/6/2021).

Menurut Veronica, tab kids ini membantu orang tua menemukan berbagai aplikasi yang sesuai dengan umur anak masing-masing.

Tampilan berbagai aplikasi di tab kids Google Play Store, berdasarkan kategori.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan berbagai aplikasi di tab kids Google Play Store, berdasarkan kategori.
Pantaun KompasTekno, tab Kids yang berisi aplikasi untuk anak ini sudah tersedia di Google Play Store wilayah Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna bisa dengan mudah menemukan tab "kids" di sebelah tab "top charts" di toko aplikasi Google itu.

Di dalam tab itu, pengguna bisa menyortir aplikasi yang sesuai berdasarkan rentang usia anak, misalnya umur 5 tahun ke bawah, 6-8 tahun, atau 9-12 tahun.

Atau pengguna juga bisa mengunduh aplikasi untuk anak berdasarkan pilihan kategori, seperti aplikasi bertama aksi dan petualangan, permainan otak, kreativitas, edukasi, musik dan video, hingga pretend play.

Baca juga: 3 Aplikasi Ini Paling Diminati Anak Indonesia Selama Pandemi

Veronica menjelaskan, sebelum aplikasi untuk anak itu dimasukkan ke dalam tab kids di Google Play Store, Google sudah melalui proses konsultasi dengan para penilai yang berlatar belakang sebagai akademisi.

Penilai itu, kata Veronica, berasal dari lokal maupun dari univesitas ternama di luar negeri, seperti dari Harvard Graduate School of Education dan Universitas Georgetown.

"Ini betul-betul pakar pendidikan yang bisa membantu Google memahami, aplikasi tertentu sesuai atau tidak untuk anak-anak," kata dia.

Dengan adanya tab kids ini, kata Veronica, orang tua tak perlu bingung lagi mencari alternatif rekreasi atau hiburan untuk anak di masa liburan sekolah.

"Orang tua bisa langsung cari dan download aplikasi di tab kids di Google Play Store. Karena kontennya sudah dipastikan aman dan berkualitas, karena sudah ditinjau dan disetujui oleh pengajar," pungkas dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X