Bapak Toksisitas Bitcoin Tewas Tenggelam, Tinggalkan Uang Kripto Rp 29 Triliun

Kompas.com - 01/07/2021, 20:02 WIB
Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency nytimes.comIlustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency

KOMPAS.com - Pria asal Rumania, Mircea Popescu yang diyakini sebagai salah satu pemain aset kripto terbesar di dunia, dilaporkan tutup usia pada pekan lalu.

Popescu meninggal pada usia 41 tahun. Pria yang sering disebut sebagai Bapak Toksisitas Bitcoin, karena gencar mempromosikan dan mengajak berinvestasi di Bitcoin, meninggal dunia karena tenggelam di laut.

Popescu meninggalkan warisan mata uang kripto Bitcoin miliknya dengan jumlah yang fantastis. Nilai Bitcoin Popescu ditaksir mencapai 2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 29 triliun.

Menurut Badan Investigasi Yudisial (OIJ) Kosta Rika, Popescu tenggelam di lepas pantai Kosta Rika dan meninggal dunia di tempat pada Rabu (23/6/2021).

"Kejadian itu terjadi sekitar pukul 08.30, ketika Popescu masuk ke laut untuk berenang di sektor Tramonto. Ia kemudian tersapu arus dan meninggal di tempat," jelas Badan Investigasi Yudisial (OIJ) Kosta Rika dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Tambang Bitcoin Bertumbangan di China, GPU Turun Harga

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pionir dan penggiat Bitcoin

Popescu dikenal sebagai salah satu pionir dan pengadopsi awal dari Bitcoin. Pada 2012, Popescu juga mendirikan perusahaan penukaran Bitcoin bernama MPEx.

Pada Juli 2013, Popescu juga pernah menjual bitcoin SatoshiDice sebanyak lebih dari 125.000 BTC.

Selain bermain di mata uang kripto, Popescu juga merupakan seorang blogger aktif di situs Trilema yang sering melontarkan argumen untuk membela Bitcoin.

"Bitcoin adalah takdir. Mata uang ini bisa dikendalikan oleh manusia dimana pun," tulis Popescu dalam sebuah posting blog.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Trust Nodes, Kamis (1/7/2021), Popescu diketahui mulai menulis blog Trilema itu pada akhir tahun 2008.

Baca juga: YouTuber Kanada yang Populerkan Wisata Bali Tewas Terjatuh dari Air Terjun

Mantan pemimpin redaksi CoinDesk, Pete Rizzo, juga mengatakan bahwa Popescu adalah sosok orang yang tidak segan mengkritik sesama investor Bitcoin lainnya.

Melalui akun Twitter-nya, Rizzo pun mengirim ucapan belasungkawa atas kepergian Mircea Popescu.

"RIP Mircea Popescu (1980–2021), Ia sering disebut sebagai "Bapak Toksisitas Bitcoin" oleh beberapa orang. Mircea menjadi salah satu tokoh bitcoin yang sering difitnah dan salah satu filsuf terbesar. Untuk mengenangnya, ini adalah kumpulan kutipan Mircea Popescu favorit saya," tulis Rizzo dalam kicauannya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.