Google Disebut Akui "Nguping" Percakapan Pengguna dengan Assistant

Kompas.com - 03/07/2021, 18:05 WIB
ilustrasi Google Assistant di iOS pcmag.comilustrasi Google Assistant di iOS

KOMPAS.com - Google dilaporkan telah mengakui bahwa software asisten virtual bawaan di smartphone Android, Google Assistant, ternyata merekam audio di ponsel pengguna, bahkan ketika asisten pintar itu tidak dipanggil dengan mengucap "OK Google".

Hal ini pertama kali dilaporkan oleh outlet media IndiaToday, berdasarkan seorang sumber yang tak mau disebutkan namanya, baru-baru ini.

Menurut sumber tersebut, perwakilan Google mengatakan kepada pemerintah India dalam satu sidang tertutup bahwa, karyawan perusahaan mendengarkan rekaman percakapan antara pengguna dan Google Assistant.

Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan teknologi speech recognition (pengenalan ucapan) untuk bahasa-bahasa lain yang digunakan pengguna.

Baca juga: Facebook Akui Menguping Percakapan Pengguna Messenger

Dalam sidang tertutup itu, perwakilan Google mengklaim bahwa hanya ada sebagian kecil dari audio rekaman pengguna yang dapat diakses oleh karyawan perusahaan. Dan karyawan pun tidak mendengarkan percakapan pengguna yang sensitif.

Tak hanya itu, sumber India Today itu juga mengatakan bahwa perwakilan Google juga mengakui bahwa software Google Assistant terkadang merekam audio di smartphone atau speaker pintar pengguna, bahkan ketika tidak dipanggil oleh pengguna dengan mengucap "OK Google".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanggapan Google

Pihak Google sendiri sudah dimintai tanggapan atas kabar tersebut. Namun, perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California, AS ini menolaknya.

"Karena ini adalah sidang tertutup, kami tidak dapat mengomentari cerita berdasarkan sumber yang tidak disebutkan namanya," kata perwakilan Google, saat dimintai tanggapan oleh outlet media AndroidAuthority.

Meski menolak, perwakilan Google itu memberikan informasi lebih lanjut soal bagaimana Google Assistant bekerja di ponsel pengguna.

Baca juga: Google Assistant Punya Kemampuan Baru, Bisa Lacak iPhone Hilang

"Saya membagikan detail yang dapat membantu Anda memahami cara kerja Google Assistant, dan ini akan memperjelas keraguan yang mungkin Anda miliki," kata perwakilan Google.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.