Tak Perlu Blokir Kontak, Begini Cara Menyembunyikan Chat di WhatsApp

Kompas.com - 07/07/2021, 18:09 WIB
Ilustrasi aplikasi pesan instan WhatsApp dan Telegram. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi pesan instan WhatsApp dan Telegram.

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, situs WA Beta Info yang kerap membocorkan calon fitur WhatsApp mengungkap adanya fitur Archived Chats alian arsip obrolan yang diperbarui.

Arsip sebenarnya bukan fitur anyar, tapi mekanismenya diubah dalam pembaruan kali ini.

Pada versi sebelumnya, fitur "Arsip" digunakan untuk menyembunyikan beberapa chat pribadi maupun grup agar tidak muncul di beranda. Kendati disembunyikan, chat yang disimpan tadi akan kembali ke tampilan utama atau beranda apabila ada pesan baru masuk.

Nah, di versi yang baru terdapat opsi untuk tetap menyembunyikan chat agar tidak muncul lagi ke beranda, sekalipun ada pesan baru yang masuk. Begitu pula dengan notifikasi pesan baru, tidak akan muncul di beranda ruang obrolan.

Baca juga: Awas, Aplikasi ini Bisa Bikin Akun WhatsApp Anda Diblokir Permanen

Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan notifikasi dan pesan sepenuhnya tanpa harus memblokir kontak.

Bedanya dari pemblokiran, pesan dari kontak yang diarsip akan tetap terkirim, tapi chat dari orang tersebut tidak akan dimunculkan di tampilan utama sehingga bisa diabaikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembaruan fitur "Arsip" kini mulai disebar ke pengguna Android maupun iOS versi beta. KompasTekno kebagian fitur ini lebih awal dan bisa menjajalnya di WhatsApp beta Android versi 2.21.14.6.

Fitur Arsip WhatsApp yang diperbarui.WA Beta Info Fitur Arsip WhatsApp yang diperbarui.

Cara menggunakannya sangat mudah. Anda cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pilih chat mana saja yang ingin disembunyikan dengan cara klik dan tahan chat yang dikehendaki.
  2. Lalu klik ikon arsip yang digambarkan dengan gambar sebuah kotak dengan anak panah ke bawah.
  3. Chat tersebut akan otomatis pindah ke Archived Chats. Tab "Arsip" yang selama ini tersembunyi, akan muncul di daftar paling atas, tepat sebelum ruang obrolan pertama. Tab tersebut turut dibubuhi angka jumlah chat yang disembunyikan di "Arsip"
Pengguna bisa mengatur apakah ingin tetap mengarsipkan chat walaupun ada pesan baru, atau mengembalikannya lagi ke beranda.

Caranya, buka tab "Arsip", lalu klik ikon titik tiga vertikal yang ada di pojok kanan atas. Kemudian pilih "pengaturan arsip". Jika ingin tetap menyembunyikannya, cukup geser tombol ke kanan hingga berubah menjadi warna hijau, dan ke kiri untuk sebaliknya.

Baca juga: Cara Pakai Fitur Terbaru WhatsApp, Foto Hilang Sendiri Setelah Dilihat

Sayangnya, opsi ini berlaku untuk seluruh chat yang diarsipkan. Artinya, pengguna tidak bisa memilih pesan mana saja yang ingin dikembalikan ke beranda jika ada pesan baru muncul dan mana chat yang ingin tetap disembunyikan.

Fitur Arsip versi baru memungkinkan pengguna menyembunyikan chat yang tidak akan kembali ke beranda meskipun ada pesan baru yang masuk.Ist Fitur Arsip versi baru memungkinkan pengguna menyembunyikan chat yang tidak akan kembali ke beranda meskipun ada pesan baru yang masuk.

Belum diketahui kapan WhatsApp akan merilis fitur arsip baru ini ke lebih banyak pengguna secara publik.

Baca juga: Grup WA Aktif dan Boros, Begini Cara Cepat Menghapus Foto dan Video di WhatsApp

Dirangkum KompasTekno dari WA Beta Info, Rabu (7/7/2021), WhatsApp kemungkinan masih akan terus mengembangkan fitur arsip. Salah satunya fitur yang memungkinkan pengguna mengarsipkan chat yang sudah tidak aktif dalam enam bulan terakhir secara otomatis.



Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X