Zuckerberg Bagikan Rp 14 Triliun untuk Kreator Konten Instagram dan Facebook

Kompas.com - 15/07/2021, 17:02 WIB
ilustrasi Facebook time.comilustrasi Facebook
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Facebook berupaya memancing lebih banyak kreator ke jejaring sosial miliknya dengan "umpan" berupa iming-iming bayaran langsung dengan nilai total 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14,5 triliun

Hal itu diumumkan langsung oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg, dalam sebuah posting yang  diunggah ke akun Facebook miliknya, pekan ini.

Menurut Zuckerberg, dana tersebut disiapkan sebagai insentif untuk para kreator konten agar mereka mau meramaikan  platform media sosial yang berada di bawah payung perusahaan teknologi tersebut.

Baca juga: Facebook Rilis Platform Buletin, Penulis Bisa Dapat Uang

"Kami menggelar program-program baru untuk menginvestasikan lebih dari 1 miliar dollar AS sebagai penghargaan kreator yang membuat konten bagus di Facebook dan Instagram hingga 2022," tulis Zuckerberg dalam posting.

Menurut informasi yang dihimpun KompasTekno dari New York Times, Kamis (14/7/2021), nantinya kreator bisa mendapatkan bayaran uang dengan menggunakan fitur tertentu di Facebook dan Instagram, atau dengan mencapai milestone tertentu.

Untuk sekarang, program insentif Facebook itu masih bersifat invitation-only. Kreator yang diikutsertakan akan mendapat notifikasi berisi undangan ke program tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ke depan, Facebook mengatakan bakal membuat fitur khusus untuk memudahkan kreator melacak pendapatan insentif mereka dari Instagram dan Facebook.

Sebelumnya, Facebook juga pernah membagikan uang untuk influencer TikTok dan YouTuber untuk menggunakan fitur-fitur di media sosialnya seperti IGTV yang mirip YouTube, lalu Reels yang merupakan jiplakan TikTok.

Iming-iming bayaran langsung  belakangan memang menjadi salah satu cara andalan untuk memancing kreator ke sebuah platform media sosial.

Baca juga: TikTok Jadi Aplikasi Paling Laris, Kalahkan Facebook Sekeluarga

Selain Facebook, pada November tahun lalu, misalnya, Snapchat pernah membagikan 1 juta dollar AS tiap hari untuk kreator yang menggunakan fitur Spotlight. Ini adalah fitur Snapchat yang mirip TikTok.

Menurut firma kapital ventura SignalFire, meskipun ekonomi kreator baru muncul sekitar satu dekade lalu, kini sudah terdapat lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia yang menganggap diri mereka sebagai kreator konten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.