Presiden Perancis Ganti Ponsel karena Spyware Pegasus

Kompas.com - 23/07/2021, 10:54 WIB
Presiden Perancis Emmanuel Macron. AFP / LUDOVIC MARINPresiden Perancis Emmanuel Macron.

KOMPAS.com - Spyware buatan perusahaan Israel Pegasus dilaporkan menargetkan jurnalis, aktivis, politisi, serta pemerintah dari beberapa negara di dunia.

Menurut laporan Guardian, spyware Pegasus menyasar belasan nomor ponsel kepala negara dan pemerintahan. Salah satunya adalah Presiden Perancis, Emmanuel Macron.

Menurut laporan media lokal Perancis, Le Monde, dalam kasus ini klien Pegasus yang teridentifikasi menargetkan ponsel Macron adalah layanan keamanan Maroko yang tidak dikenal.

Le Monde yang tergabung dalam konsorsium media global yang ikut mengidentifikasi ribuan nomor ponsel target Pegasus, mengatakan mereka belum bisa memastikan apakah ponsel presiden berhasil dimata-matai atau tidak.

Kasus itu membuat Macron mengganti ponsel dan nomor telepon selulernya. Penggantian ini merupakan tindakan kongkrit pertama yang diumumkan pemerintah Perancis, menindaklanjuti serangan spyware Pegasus.

"Dia (Macron) punya beberapa nomor. Ini bukan berarti dia telah dimata-matai. Itu hanya keamanan tambahan," menurut penjelasan pemerintah Perancis.

Menurut juru bicara pemerintah, Gabirel Attal, protokol keamanan presiden sedang disesuaikan terkait kejadian tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jelas kami menanggapi (spyware Pegasus) dengan sangat serius," kata Attal kepada sejumlah awak media, beberapa jam setelah rapat kabinet darurat yang fokus membahas Pegasus.

Baca juga: Terungkap, Spyware Israel Incar Aktivis Indonesia

Sementara itu, pemerintah Maroko menolak tudingan tersebut. Oliver Baratelli, pengacara Perancis yang ditunjuk pemerintah Maroko, mengatakan mereka berencana mengajukan gugatan pencemaran nama baik di Paris terhadap organisasi non-pemerintah, Amnesty International dan Forbidden Stories.

Dua organisasi itu menyelenggarakan jurnalisme non-profit yang berbasis di Paris, Le Monde masuk dalam program tersebut bersama media-media lain dari berbagai dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.